Bisnis E-Commerce Jadi Tulang Punggung Transformasi Digital di Indonesia

Tim Editor

Ilustrasi bisnis online (Dok. Antara)

ERA.id - Anggota Komisi I Muhammad Farhan menilai bisnis e-commerce menjadi salah satu tulang punggung dari transformasi digital di Indonesia. Sebab masyarakat sangat rajin menggunakan platform digital untuk berbelanja dan konsumsi.

"Potensi inilah yang kemudian menjadikan Indonesia sebagai salah satu market dan pelaku dari bisnis online atau e-commerce yang ada di dunia ini," kata Farhan dalam diskusi daring, Rabu (9/6/2021).

Ia menambahkan saat ini UMKM bisa digerakkan dengan biaya murah melalui platform digital atau e-commerce. Meski begitu, hal ini juga memiliki tantangan tersendiri.


"Beberapa tantangan diantaranya adalah rendahnya pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan platform digital, yang banyak mengandalkan bentuk-bentuk visual baik itu foto ataupun video," katanya,

Menurutnya, tidak mudah membuat video yang menarik hati dan menjadi salah satu daya tarik dari produk UMKM yang ditampilkan di platform-platform digital. Apalagi mudahnya orang keluar masuk kedalam platform digital, maka tingkat kompetisinya pun sangat tinggi.

"Dengan tingkat kompetitif yang sangat tinggi ini memang tidak mudah bagi para pelaku UMKM untuk istilahnya sampai berdarah-darah, namun bagaimanapun juga memiliki pelaku sektor UMKM yang sangat tangguh, persaingan adalah satu hal yang terjadi sehari-hari bagi para pelaku UMKM," katanya.

Selain hal di atas, ia melanjutkan penting juga bagi UMKM untuk memiliki kemampuan beradaptasi dan berinovasi. Karena itu penting juga peran dari pemerintah memfasilitasi dan mendampingi UMKM.

"Salah satunya adalah memberikan pelatihan tentang pemanfaatan digital platform, serta teknik pembuatan konten yang sangat baik untuk tujuan pemasaran itu menjadi sangat penting, bahkan dengan demikian juga di masa transformasi digital seperti sekarang ini, pemerintah akan mampu melakukan atau membangun jembatan bagi UMKM dan pasar global yang begitu luas," katanya.

Tag: umkm digital platform ekonomi digital e-commerce

Bagikan: