Prabowo Hingga Nadiem Hadiri Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan untuk Megawati

Tim Editor

Megawati Soekarnoputri (Dok. PDIP)

ERA.id - Sejumlah menteri dari Kabinet Indonesia Maju nampak menghadiri sidang senat terbuka pengukuhan gelar profesor kehormatan dengan status tidak tetap dari Universitas Pertahanan (Unhan) kepada Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan pantuan yang dilihat dari tayangan di kanal YouTube Universitas Pertahananan Official pada Jumat (11/6/2021), terlihat Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim, Menteri Sekretariat Kabinet (Menseskab) Pramono Anung, hingga Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

Selain itu, acara juga dihadiri oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI yang juga putri kandung Megawati, Puan Maharani.


Seperti diketahui, Unhan RI akan melakukan sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan jabatan Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan kepada Megawati Soekarnoputri. Dalam pelaksanaanya, Unhan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.  

Berdasarkan urutan acara, usai pembacaan Surat Keputusan Mendikbudristek, dilanjutkan dengan pembacaan riwayat hidup Megawati Soekarnoputri dan pemutaran video profil secara singkat.

"Ibu Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah sebelum dikukuhkan," ucap Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis.

Hasto mengatakan saat Pemerintahan Megawati (2001-2004) Indonesia menghadapi krisis multidimensi namun pada akhirnya bisa bangkit dan mendapat kepercayaan baik dari dalam maupun luar negeri. Hal itu ditambah lagi dengan kiprah Megawati selama ini termasuk dalam memimpin PDIP mendorong sejumlah Guru Besar dalam dan Luar Negeri mengusulkan Megawati layak diberi gelar Profesor Kehormatan. Hasto mengatakan kader PDIP bangga atas pencapaian Megawati selama ini.

"Sebelum penganugerahan Profesor Kehormatan ini, Ibu Megawati telah menerima sembilan gelar Doktor Honoris Causa dari dalam dan luar negeri. Atas seluruh penganugerahan ini, PDI Perjuangan bangga dibawah kepemimpinan Beliau," ujar Hasto.

"Kepemimpinan Ibu Megawati sangat kuat dan penuh tanggung jawab terhadap masa depan bangsa. Berbeda dengan lainnya, Beliau mempersiapkan calon pemimpin nasional bagi masa depan dan juga pemimpin di berbagai daerah," pungkasnya.

 

Tag: megawati soekarnoputri pdip prabowo subianto nadiem makarim gelar Profesor Kehormatan

Bagikan: