Megawati Sebut Prabowo Sebagai Sahabat, Prabowo Langsung Tepuk Tangan

| 11 Jun 2021 16:20
Megawati Sebut Prabowo Sebagai Sahabat, Prabowo Langsung Tepuk Tangan
Megawati Soekarnoputri bersama Prabowo Subianto dan Puan Maharani (Dok. Instagram bumegabercerita)

ERA.id - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menyebut Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebagai sahabatnya. Pernyataan itu dia katakan di tengah orasi ilmiah saat dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan dengan status guru besar tidak tetap dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

"Saya sendiri, mas Bowo (Prabowo Subianto) suka pusing lho. Kemarin saya bilang, 'sahabat saya Pak Prabowo', walah viralnya. Memangnya, 'kepada musuh saya', apa ya kaya gitu," kata Megawati dalam acara yang ditayangkan di akun YouTube Universitas Pertahanan Official, Jumat (11/6/2021).

Megawati menegaskan, siapa pun adalah sahabat dan temannya, tidak terkecuali dengan Prabowo Subinato. Oleh karenanya, dia menilai seharusnya hal tersebut tidak perlu dibesar-besarkan.

"Hayo, gimana ini tolong saya dijawab. Ya tentu saja kalian pasti sahabat-sahahat saya, teman-teman saya," kata Megawati.

Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan Megawati (Dok. PDIP)
Pengukuhan Gelar Profesor Kehormatan Megawati (Dok. PDIP)

Mendengar pernyataan tersebut, Prabowo yang hadir dalam acara itu pun langsung bertepuk tangan. Seolah-olah menyetujui perkataan Megawati.

Adapun kedekatan Megawati dan Prabowo belakangan kerap terlihat. Dalam acara tersebut, Megawati sempat menyapa Prabowo yang disambut dengan sikap hormat oleh Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Diketahui, hubungan Megawati dan Prabowo sempat dikabarkan renggang pada tahun 2014. Penyebabnya, lantaran Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dituding melanggar perjanjian yang telah disepakatinya dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Adapun perjanjian tersebut dikenal dengan nama Perjanjian Batu tulis, yang ditandatangani Megawati dan Praboo pada 16 Mei 2009 lalu. Dalam perjanjian tersebut terdapat tujuh poin, salah satunya memuat kesepatakan bahwa Megawati akan mendukung penuh Prabowo pada Pemilihan Presiden 2014.

Namun, pada 2024, Megawati justru mencalonkan Joko Widodo yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla pada Pilpres 2024.

Rekomendasi