Sambutan Puncak Natal Nasional di Surabaya, Dua Menteri Jokowi Sebut Dirinya Sahabat Prabowo

| 28 Dec 2023 09:14
Sambutan Puncak Natal Nasional di Surabaya, Dua Menteri Jokowi Sebut Dirinya Sahabat Prabowo
Perayaan Puncak Natal Nasional 2023, di Gereja Berthany, Sukolilo Surabaya, Rabu (27/12/2023). (Puan Ramadhan/ ERA)

ERA.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo alis Jokowi menghadiri perayaan Puncak Natal Nasional 2023, di Gereja Berthany, Sukolilo Surabaya, Rabu (27/12/2023).

Orang nomor satu di Indonesia itu tidak datang dengan sendiri. Terlihat Jokowi juga didampingi sejumlah menterinya dan beberapa pejabat Pemerintah Daerah. Diantaranya Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifili Hasan, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menter PANRB Abdullah Azwar Anas, dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Kemudian ada beberapa pejabat pemerintah daerah yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Menariknya, ada dua menteri yang merupakan saingan Pilpres 2024 yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menkopolhukam Mahfud MD.

Saat kedatangan Jokowi, ribuan jemaat yang ada di gedung gereja Bethany langsung bersorak. Bahkan, banyak diantaranya yang memanggil nama Prabowo.

"Prabowo, Pak Prabowo, Pak Prabowo," teriakan para jemaat di Gedung Bethany Surabaya.

Bahkan, tampak sejumlah jemaat yang langsung berdekatan dengan Jokowi langsung berfoto dengan jari dua.

Menariknya lagi, saat sambutan Perayaan Natal Nasional, dua menteri Jokowi di sela-sela sambutannya tidak lupa menyebut nama Prabowo sebagai salah satu sahabatnya.

Seperti Menkominfo Budi Arie yang juga Ketua Umum Panitia Natal Nasional 2023 memberi embel-embel khusus ketika menyebut nama Prabowo. Ketika mengawali sambutanya. Ia menyampaikan kalau Ketua Umum Gerindra yang sedang nyapres itu adalah sahabatnya.

"Yang saya hormati Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, Menteri Agama Bapak Yaqut Cholil Qoumas, Menkopolhukam Bapak Mahfud MD dan Menteri Pertahanan sahabat saya Bapak Prabowo Subianto," ujar Budi disambut teriakan dan tepuk tangan meriah para jemaat.

"Menteri Perdagangan, Menteri PAN-RB, Menteri Parekraf, Menteri Ketenagakerjaan, Wamenag, Wamenparekraf, Wamenkominfo," lanjut Budi.

Tak hanya Menteri Kominfo, Menag Yaqut dalam sambutanya awalnya menyampaikan ungkapannya suasana Natal tahun ini.

"Yang terhormat Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, bapak menyaksikan betapa bahagianya umat kristiani malam ini. Setelah Pandemi (Covid-19) Natal kembali diperingati bersama oleh Bapak Presiden Jokowi," katanya.

"Para kabinet Indonesia Maju yang tidak saya sebut satu-satu seperti Bapak Menkominfo tadi, Bapak Panglima dan TNI,"imbuhnya.

Di sela-sela sambutan, Yaqut bercerita kalau Menkominfo Budi adalah sahabatnya sejak masa kuliah. Ia melanjutkan kalau dia juga bersahabat baik dengan Prabowo.

"Saya bersahabat dengan beliau (Budi) sejak kuliah. Saya satu kampus dengan Pak Menkominfo," ucapnya.

"Jadi kalau saya bersahabat dengan Pak Menteri Budi Arie biasa. Tapi kalau Pak Budi Arie ngaku sahabatnya Pak Prabowo, saya juga boleh ngaku pak saya sahabatnya Prabowo,” ungkapnya saat sambutan.

Rekomendasi