Beda Cara Baby Boomers dan Milenial Soal Pekerjaan, Milenial Modal Ponsel Bisa 'Cuan'

Tim Editor

Ilustrasi penggunaan teknologi (Pixabay)

ERA.id - Anggota Komisi I DPR Rizki Sadig menilai teknologi mengubah cara orang mendapatkan pekerjaan. Dulu orang yang mau bekerja harus melamar pekerjaan. Generasi milenial dan generasi Z justru membuka lapangan pekerjaan.

"Manusia generasi milenial dan generasi Z banyak cara mereka mendapatkan pekerjaan yang dulu harus melamar kerja, tetapi sekarang sangat dimungkinkan semua membuat pekerjaan dan membuka lapangan pekerjaan," kata Rizki dalam diskusi daring, Selasa (15/6/2021).

Ia menjelaskan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi secara signifikan memberikan nilai tambah bagi perusahaan atau korporasi. Beberapa contoh buat generasi sekarang itu mulai milenial sampai generasi Z menjadi influencer.


"Hanya bermodal kamera HP bisa dapat duit, hanya modal selfie bisa dapat duit, mungkin saat menunggu panggilan kerja, mau memulai itu sebagai sampingan atau nanti kalau memang berhasil bisa menjadi utama itu kan yang bagus, jadi kalau saya menyarankan jangan melulu berharap atas lowongan kerjaan," katanya.

Menurutnya, sebaiknya memang menciptakan pekerjaan yang bermanfaat buat orang lain. Begitu pun jika bisnis tidak memberikan pelayanan berbasis teknologi maka akan ditinggal pelanggan.

"Modal tenaga untuk memasarkan produk yaitu ada facebook dan marketplace, facebook group untuk jual beli, postingan marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, SEO Google dan manfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Website sebagai etalase produk," katanya.

Tag: digital platform ekonomi digital Rizki Sadig

Bagikan: