Lonjakan COVID-19, Jokowi Masih Lebih Pilih Soal Ekonomi atau Kesehatan?

| 21 Jun 2021 16:35
Lonjakan COVID-19, Jokowi Masih Lebih Pilih Soal Ekonomi atau Kesehatan?
Jokowi (Dok. Instagram Jokowi)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin membeberkan jawaban Presiden Joko Widodo untuk memilih antara ekonomi dan kesehatan di tengah lonjakan kasus COVID-19. Hal ini menjawab banyaknya pertanyaan mengenai sikap Jokowi di tengah pandemi, apakah mengutamakan ekonomi atau kesehatan. Menurut Budi, Jokowi mengutamakan isu kesehatan ketimbang ekonomi di tengah lonjakan COVID-19.

"Bapak presiden mengutamakan isu kesehatannya nih harus selesai. Saya rasa arahan itu sudah jelas," ujar Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (21/6/2021).

Budi menjelaskan, sejak awal Jokowi sudah kerap menekankan bahwa isu kesehatan dan ekonomi di tengah pandemi seperti saat ini tidak dapat dipisahkan. Artinya, isu ekonomi tidak mungkin bisa selesai apabila masalah kesehatan tidak tertangani dengan baik.

"Bapak presiden jelas sejak di awal bahwa ini dua-duanya tidak bisa dipisahkan dan bapak presiden juga jelas di awal bahwa ekonominya tidak mungkin akan bisa selesai kalau kesehatannya tidak selesai. Karena memang isu utamanya adalah isu kesehatan," kata Budi.

Oleh karena itu, kata Budi, Jokowi memerintahkan jajaran menterinya untuk memperkuat kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di lapangan. Salah satunya, adalah membatasi mobilitas masyarakat hingga 75 persen. Selain itu juga mempercepat program vaksinasi nasional.

Rekomendasi