Untuk Kedua Kalinya Masjid Istiqlal Tak Akan Gelar Salat Iduladha

| 14 Jul 2021 18:05
Untuk Kedua Kalinya Masjid Istiqlal Tak Akan Gelar Salat Iduladha
Masjid Istiqlal (Dok. Antara)

ERA.id - Masjid Istiqlal Jakarta dipastikan tidak akan menggelar Salat Iduladha 1442 Hijriah seiring dengan pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat serta masih berlangsungnya pandemi COVID-19.

"Masjid Istiqlal meniadakan salat Iduladha 1442 Hijriah dan juga meniadakan salat Jumat," kata Imam Besar Masjid Istiqlal KH Nasaruddin Umar dalam siniar yang dipantau di Jakarta, Rabu (15/7/2021).

Peniadaan penyelenggaraan salat Iduladha di Masjid Istiqlal ini menjadi yang kedua kalinya sejak pandemi COVID-19 menjadi krisis di Indonesia. Bagi Nasaruddin, mengedepankan keselamatan dan kesehatan harus menjadi yang utama ketimbang sunah.

Menurut dia menjaga kesehatan dan diri merupakan suatu yang wajib, sementara ibadah salat Iduladha sifatnya sunnah. Masjid Istiqlal, kata dia, harus menjadi model untuk seluruh masjid di Indonesia.

"Jangan sampai kita ibadah sunnah tapi mengabaikan yang wajib. Jadi kita mengedepankan penolakan bahaya ketimbang mengejar manfaat," ujarnya.

Tidak hanya meniadakan pelaksanaan salat Iduladha, kata dia, pengurus Istiqlal juga tidak akan menggelar takbir di masjid untuk umum seperti yang biasa rutin dilakukan. Takbir akan digelar dan disiarkan melalui platform Istiqlal TV.

Nantinya, takbir yang disiarkan secara langsung itu akan terkoneksi dengan masjid-masjid ikon ibu kota di seluruh dunia.

"Kita akan melakukan takbiran di masjid, cuma kita akan siarkan di TV Istiqlal yang di link dengan seluruh masjid ibu kota di seluruh dunia," demikian  Nasaruddin Umar

Rekomendasi