Urgensi Memahami Literasi Digital di Tengah Pandemi

| 15 Jul 2021 22:20
Urgensi Memahami Literasi Digital di Tengah Pandemi
Ilustrasi penggunaan teknologi (Pixabay)

ERA.id - Anggota Komisi I DPR Alimin Abdullah menilai selama pandemi, masyarakat dipaksa untuk bisa menggunakan teknologi dan informasi. Apalagi saat ini penggunaan internet banyak digunakan untuk hal yang positif.

"Kenyataannya sekarang banyak juga yang bukan sesuatu yang negatif, yang merugikan, sebagai pengguna digital ini, jadi mudah-mudahan yang diharapkan dengan menggunakan ini secara bijak," kata Alimin dalam diskusi daring, Jumat (16/7/2021).

Ia menyebutkan saat ini pelajar mulai dari SD hingga pelosok mau tak mau juga harus bisa mengakses internet. Karena itu penggunaan internet dan teknologi ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Kalau tidak, dia tidak bisa mengikuti pendidikan dan kemajuan teknologi apalagi masalah informasi," katanya.

Terkait hal ini, pakar kehumasan Widodo Muktiyo mengatakan saat pandemi, sebaiknya masyarakat memilah informasi.  Masyarakat juga harus mulai bisa menerapkan litersi digital.

"Teknologi itu tidak ada etika, teknologi itu hakekatnya alat yang kita gunakan, yang memberikan nilai kita sendiri, jadi jangan sampai kita nanti justru malah dikuasai teknologi, teknologi harus kita gunakan sebagai tools untuk mencerdaskan kita," katanya.

Rekomendasi