Jokowi Gabung Sekolah Online, Siswa SD di Banyumas: Kalau Jadi Presiden Ngapain Aja?

| 23 Jul 2021 13:15
Jokowi Gabung Sekolah Online, Siswa SD di Banyumas: Kalau Jadi Presiden Ngapain Aja?
Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo bergabung sekolah online dengan siswa Kelas 5 SD Sudimara, Banyumas, Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.

Melalui video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi nampak menyapa dan berdialog dengan para siswa.

"Halo, selamat pagi. Bu Kepala Sekolah, bu guru, anak-anakku semuanya, sehat semuanya? Lagi belajar Apa?" tanya Jokowi seperti dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (23/7/2021).

Kehadiran Jokowi di kelas daring mereka pun disambut dengan antusias. Sejumlah siswa lantang menjawab setiap sapaan dan pertanyaan dari Jokowi.

Di tengah dialog tersebut, sejumlah siswa dengan polosnya bertanya kepada Jokowi mengenai kesibukannya sebagai presiden.

"Pak, kalau jadi Presiden ngapain aja?" tanya salah satu siswa.

"Iya pak, ngapain saja, pak?" tanya siswa lainnya.

Mendapat pertanyaan itu, Jokowi awalnya hanya tertawa. Lalu menjelaskan sejumlah tugasnya sebagai kepala negara.

"Ya memimpin rapat dengan menteri-menteri, kemudian pergi ke Aceh sampai Papua mengecek jalan bagus ndak, mengecek waduk-waduk, ngecek pelabuhan, ngecek airport," jawab Jokowi kembali tertawa.

Setelah itu, Jokowi menyemangati anak-anak agar tetap semangat belajar meskipun secara daring, dan belum bisa ke sekolah lagi lantaran terhalang pandemi COVID-19.

Dia juga meminta anak-anak agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan setelah berkegiatan, dan menjaga jarak. Serta mendorong anak-anak untuk tidak segan menegur dan mengingatkan orang-orang di sekitarnya memakai masker apabila sedang berada di luar rumah.

"Jadi yang paling penting anak-anak belajar semuanya, Jangan lupa selalu pakai masker. Kalau sehabis kegiatan cuci tangan pakai sabun, jangan lupa. Dan juga menjaga jarak kalau berbicara dengan yang lainnya. Juga mengingatkan kepada teman-temannya, kepada tetangganya untuk selalu memakai masker kalau keluar rumah," kata Jokowi.

"Anak-anakku semua adalah masa depan Indonesia, harus tetap semangat belajar dan teruslah bergembira, rajin beribadah. Selamat Hari Anak Nasional untuk semua anak-anakku di Indonesia. Anak-anak terlindungi, Indonesia maju," pungkasnya.

Rekomendasi