Gibran Anjurkan ASN Penyintas COVID-19 untuk Donor Plasma: Yang Sembuh Saatnya Bersyukur dan Tolong Orang Lain

| 26 Jul 2021 21:24
Gibran Anjurkan ASN Penyintas COVID-19 untuk Donor Plasma: Yang Sembuh Saatnya Bersyukur dan Tolong Orang Lain
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Solo yang saat ini sudah menjadi penyintas COVID-19 untuk donor plasma darah. Menurutnya kesadaran tolong-menolong di masa pandemi COVID-19 seperti ini sangat penting.

"Iya, nanti termasuk saya. Saya akan buat aturan khusus itu," kata Gibran pada Senin (26/7/2021).

Pasalnya saat ini banyak masyarakat terutama ASN di lingkungan Pemkot Solo yang belum teredukasi terkait plasma konvalesen ini. Untuk itu ia memohon kesadarannya bagi para ASN yang sudah sembuh, agar bisa menolong yang lain.

"Bukan instruksi, tapi mohon kesadarannya saja. Sekarang yang sudah sembuh saatnya bersyukur dan menolong yang lain," kata Gibran.

Gibran sendiri juga berkemauan untuk mendonorkan plasma darahnya. Namun hingga kini dirinya belum mengetahui prosedurnya seperti apa. "Saya belum tahu prosedurnya," ucapnya.

Namun menurutnya kebutuhan akan plasma konvalesen ini sedang mendesak. Apalagi sejak dulu tidak banyak penyintas yang mau mendonorkan plasma darahnya. Untuk itu ia akan membuat aturan terkait donor plasma darah.

"Ya nanti ada SE (surat edarannya). Tunggu saya tanda tangani dulu," ucapnya.

Rekomendasi