Jokowi Turun Tangan! Bagikan Banpres Produktif Rp15,3 T untuk 12,8 Juta Pelaku Usaha Mikro

| 30 Jul 2021 12:54
Jokowi Turun Tangan! Bagikan Banpres Produktif Rp15,3 T untuk 12,8 Juta Pelaku Usaha Mikro
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo turun tangan langsung menyerahkan Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro Tahun 2021.

Banpres tersebut dibagikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh Indonesia yang terdampak pandemi COVID-19.

Secara simbolis, Jokowi menyerahkan banpres tersebut di halaman depan Istana Presiden, Jumat (30/7/2021).

"(Banpres) dibagikan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil. Jadi bukan hanya bapak ibu semuanya, enggak. Ada 12,8 juta pelaku usaha mikro dan kecil di seluruh tanah air (mendapatkan Banpres)," ujar Jokowi.

Untuk Banpres bagi pelaku usaha mikro dan kecil tersebut, Jokowi mengatakan, pemerintah mengucurkan anggaran sebesar Rp15,3 triliun. Dia berharap, dengan adanya bantuan ini dapat mendorong ekonomi dari para pelaku usaha selama pandemi COVID-19.

"Tahun 2021 yang akan dibagikan utk banpres produktif ini adalah Rp15,3 triliun. Dan mulai dibagikan pada hari ini. Saya harap ini bisa membantu mendorong ekonomi kita semuanya," kata Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, khususnya yang berada di wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4.

Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp55,21 triliun untuk perlindungan sosial berupa

bantuan tunai yaitu BST, BLT desa,PKH, juga bantuan sembakau (sembako) dan bantuan kuota internet dan subsidi listrik.  Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar Rp1,2 juta untuk sekitar satu juta usaha mikro.

Rekomendasi