Luhut Pastikan Kesiapan Fasilitas Isolasi Terpusat dan Vaksinasi Solo-DIY

| 06 Aug 2021 12:00
Luhut Pastikan Kesiapan Fasilitas Isolasi Terpusat dan Vaksinasi Solo-DIY
Luhut Pandjaitan bersama Budi Gunadi Sadikin dan Gibran Rakabuming (Dok. Antara)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator PPKM Jawa-Bali mengelilingi fasilitas isolasi terpusat dan sentra vaksinasi di tiga wilayah aglomerasi di Solo Raya, yakni Boyolali, Surakarta, Sragen dan Klaten serta DI Yogyakarta, untuk memastikan kesiapan fasilitas isoter dan sentra vaksinasi di wilayah tersebut.

"Target vaksinasi kami bersama Menkes untuk Solo Raya pada akhir bulan ini dapat mencapai sebanyak-banyaknya masyarakat. Kami akan terus mendorong pasokan vaksin ke wilayah-wilayah yang membutuhkan," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta dikutip dari Antara, Jumat (6/8/2021).

Menko Luhut dan Menkes Budi Gunadi Sadikin mengunjungi Asrama Haji Donohudan, Kamis (5/8), yang saat ini dijadikan tempat isolasi terpusat, RS Darurat dan juga melayani vaksinasi bagi masyarakat sekitar.

Tinjauan dilanjutkan ke sentra vaksinasi di SMA 1 Solo yang melayani vaksinasi bagi siswa-siswi SMA, isolasi terpusat di SDN Cemara 2 Solo, isolasi terpusat Techno Park Sragen, GOR Gelar Sena Klaten untuk isolasi terpusat pria dan Rumah Ret-Ret Panti Semedi untuk isolasi terpusat wanita.

Pengecekan tempat isolasi terpusat ini juga sebagai tindak lanjut dari testing dan tracing yang sedang digencarkan di tiap-tiap wilayah Jawa dan Bali, termasuk Solo Raya.

"Saat ini, kita bersepakat, dibantu juga oleh guru besar dari UI, UGM, dan Unair, bahwa hal yang akan dicapai oleh pengendalian COVID-19, hal ini dapat dicapai melalui 3M, 3T, serta vaksinasi," ujar Luhut.

Luhut dan Menkes Budi juga menyempatkan mengunjungi Pasar Klewer untuk melakukan dialog bersama pedagang. Mereka mengingatkan agar pedagang terus taat dengan protokol kesehatan, tetap memakai masker, menjaga jarak serta segera melakukan vaksinasi.

"Dengan disiplin masyarakat yang baik, harapannya ke depan sudah bisa terjadi pelonggaran pelan-pelan agar para pedagang bisa bergerak, tetapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya.

Luhut melanjutkan perjalanan ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia mengunjungi Stasiun Tugu dan bertemu dengan kepala stasiun untuk bertanya situasi serta kondisi beberapa minggu belakangan ini dan bertanya terkait jumlah penumpang kereta.

Setelah itu, kunjungan dilanjutkan ke Malioboro di mana Luhut melakukan dialog bersama pedagang dan warga yang berada di lokasi itu.

Karena para pedagang yang berada di Malioboro telah melakukan vaksinasi, Menko Luhut mengingatkan juga kepada seluruh warga yang berada di Malioboro untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan memakai masker dan selalu menjaga jarak.

"Saat ini saya minta semua sabar, kita cari jalan bersama dan ekonomi juga bisa pulih kembali. Saya pesankan untuk semuanya, yang penting sekarang sehat," kata Menko Luhut kepada warga dan pedagang yang ia temui di Malioboro.

Rekomendasi