Survei LSI: Masyarakat Sangat Prihatin terhadap Isu Korupsi

| 08 Aug 2021 17:06
Survei LSI: Masyarakat Sangat Prihatin terhadap Isu Korupsi
Ilustrasi (Dok. Kemensos)

ERA.id - Lembaga Survei Indoesia (LSI) melakukan survei terkait keprihatinan responden terhadap masalah bangsa.

Hasilnya, isu korupsi dan ekonomi menjadi keprihatinan responden yang paling tinggi.

Berdasarkan hasil survei tersebut, keprihatinan responden terhadap isu korupsi sebanyak 93 persen, lapangan pekerjaan 97 persen, dan pertumbuhan ekonomi sebesar 96 persen.

Padahal BPS baru saja merilis hasil pertumbuhan ekonomi terbaru yakni sebesar 7,7 persen.

"Kalau kita lihat di sini, masyarakat kita secara umum memang menunjukan keprihatinan yang paling tinggi terhadap isu-isu korupsi dan isu ekonomi, dalam hal ini adalah lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi," ujar  Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan dalam rilis hasil survei secara daring, Minggu (8/8/2021).

Selain isu korupsi dan ekonomi, isu kerusakan lingkungan juga menjadi kerpihatinan responden sebesar 93 persen dan perubahan iklim sebanyak 91 persen responden.

Sementara responden yang prihatin terhadap isu demokrasi di Indonesia terbilang rendah yaitu 82 persen.

"Jadi ini kita lihat bagaimana prioritas masyarakat ketika melihat persoalan-persoalan yang dihadapi bangsa kita dari sudut pandang enam masalah ini.

Survei dilakukan melalui sambungan telepon dengan ukuran sampel basis sebanyak 1.200 responden dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.

Survei menggunakan metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) kurang lebih 2.88 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Rekomendasi