Tips Tingkatkan Imunitas Ala Jokowi: Konsumsi Buah dan Sayur Lokal

Tim Editor

Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo membagikan tips untuk meningkatkan imunitas di masa pandemi COVID-19.

Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur agar tetap sehat. Hal itu disampaikan saat membuka acara Gelar Buah Nusantara di Jakarta, Senin (9/8/2021).

"Di masa pandemi seperti sekarang ini kita harus terus menjaga stamina dan meningkatkan imunitas tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, ada banyak buah-buahan khas Indonesia yang harganya terjangkau dan kandungan gizinya tak kalah dengan buah-buahan impor. Namun, tingkat konsumsi di dalam negeri sendiri justru rendah.


Oleh karena itu, Jokowi mendorong agar masyarakat mulai mengonsumsi buah-buhan lokal sebagai salah satu upaya menjaga stamina dan meningkatan imunitas tubuh.

"Kita punya banyak buah-buahan khas Indonesia yang mudah diperoleh, terjangkau dan mengandung banyak vitamin yang menyehatkan. Meskipun banyak, namun tingkat konsumsi buah di Indonesia masih rendah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan mencintai aneka buah nusantara yang melimpah dengan kandungan gizi yang tidak kalah dibandingkan buah impor," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dengan mengonsumsi buah-buahan lokal, masyarakat juga ikut membantu para petani untuk meningkatkan produksinya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan dengan menggunakan cara-cara kekinian yang memanfaatkan teknologi, edukasi untuk mengonsumsi buah buahan nusantara harus dilakukan secara berkelanjutan dan termasuk dalam muatan sistem pendidikan di sekolah-sekolah serta edukasi keluarga agar dapat menjangkau anak-anak dan generasi muda bisa mencintai buah.

"Dengan mengonsumsi buah nusantara, kita tidak hanya menambah asupan gizi di masa pandemi, tetapi juga membantu petani-petani buah di negara kita agar semakin semangat, produktif dan sejahtera," kata Jokowi.

Jokowi berharap, melalui ajang Gelar Buah Nusantara tahun ini dapat menjadi momentum kebangkitan buah-buahan dan memacu peningkatan produktivitas serta meningkatkan kualitas buah-buahan nusantara. Sehingga mengurangi ketergantungan pada buah impor.

"Ayo tingkatkan terus konsumsi buah nusantara, kita konsumsi lebih banyak, kita bagikan sebagai bentuk solidaritas sebagai bentuk kepedulian dan empati agar semakin tangguh melawan pandemi," pungkasnya.


Tag: buah presiden jokowi buah meningkatkan kekebalan tubuh

Bagikan: