Sidang Paripurna DPR, 25 Anggota Dewan 'Bolos' Dengarkan Pidato Jokowi

| 16 Aug 2021 13:50
Puan Maharani (DPR.go.id)

ERA.id - Sebanyak 25 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI tidak menghadiri Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 yang digelar di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/8/2021).

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan, sebanyak 550 orang anggota dewan hadir secara fisik maupun virutal, dari jumlah keseluruhan anggota DPR yakni 575 orang.

"Berdasarkan catatan Sekretariat Jenderal DPR RI, telah hadir secara fisik dan virtual sebanyak 550 orang terdiri dari seluruh unsur fraksi DPR RI. Maka kuorum telah tercapai," ujar Puan.

Puan mengatakan, karena masih di tengah pandemi COVID-19 dan masih PPKM maka Rapat Paripurna kali ini hanya dihadiri 60 orang yang terdiri dari pimpinan DPR RI, pimpinan fraksi, kepala lemaga, dan perwakilan menteri dari Kabinet Indonesia Maju.

"Adapun undangan lainnya menghadiri secara virtual," ujar Puan.

Agenda Rapat Paripurna hari ini yaitu mengenai Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022.

Presiden Joko Widodo yang hadir langsung juga memberikan pidato Pengantar RUU APBN Tahun Anggaran 2022 Beserta Nota Keuangannya.

Rapat Paripurna ini bertepatan dengan Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR/DPD RI.

Untuk diketahui, Sidang Tahunan ini digelar secara sederhana dan minimalis. Hanya 60 orang yang menghadiri sidang secara fisik antara lain yaitu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, pimpinan DPR RI sebanyak 5 orang, pimpinan MPR RI sebanyak 10 orang, dan ketua fraksi/kelompok DPD berjumlah 10 orang.

Kemudian, ketua fraksi di DPR RI sebanyak 9 orang, pimpinan DPD sebanyak 4 orang, perwakilan subwilayah sebanyak 4 orang, serta pimpinan lembaga negara seperti Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY dijadwalkan hadir langsung dalam agenda Sidang Tahunan MPR RI 2021.

Selain itu dari unsur pemerintah, di antaranya Menko Polhukam, Menko PMK, Menko Marives, Menteri Sekretariat Negara, Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Kepala Bappenas, Panglima TNI, dan Kapolri.

Sedangkan Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan hadir secara virtual.

Selain itu, empat mantan wakil presiden RI yaitu Try Sutrisno, Hamzah Haz, Jusuf Kalla, dan Boediono juga dijadwalkan hadir secara virtual. dua mantan Ketua MPR, empat mantan Ketua DPR, dan empat mantan Ketua DPD juga akan hadir secara virtual.

Rekomendasi