Pasang Listrik Baru di Sulawesi, NTB, dan Sumut Kini Bisa Via Aplikasi New PLN Mobile

Tim Editor

Menu PLN Mobile. (Foto: ANTARA/HO-Humas PLN)

ERA.id - PT PLN (Persero) memperluas layanan pemasangan baru (PB) melalui aplikasi New PLN Mobile yang bisa diakses di wilayah Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara Barat dan Sumatera Utara dalam rangka memperingati HUT Ke-76 Republik Indonesia.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan Bob Saril melalui keterangannya yang diterima di Makassar, Kamis, (19/8/2021) mengemukakan layanan ini bukan hanya memudahkan pelanggan dalam tahapan PB, tetapi pelaksanaannya juga bisa dipantau langsung oleh pelanggan melalui proses yang transparan.

"Dengan adanya fitur baru ini, kini pelanggan di Sulawesi, NTB dan Sumatera Utara sudah dapat menikmati seluruh fitur PLN Mobile," ujarnya, melansir ANTARA.


PLN Mobile merupakan sarana untuk meningkatkan pelayanan PLN kepada pelanggan sekaligus meningkatkan pengalaman pelanggan.

Aplikasi ini juga mengintegrasikan semua program, standar operasional prosedur (SOP), dan proses bisnis menjadi satu kesatuan yang bermuara pelayanan sebaik-baiknya kepada pelanggan.

Berbagai layanan PLN Mobile seperti pembelian token dan pembayaran tagihan, ubah daya, catat meter, pengaduan gangguan & keluhan, pasang baru, serta lima sub fitur yang terdiri dari monitor pemakaian pascabayar, monitor pembelian token, notifikasi tagihan, informasi progres penyelesaian gangguan, notifikasi padam & pemeliharaan.

Bob mengatakan proses pasang baru melalui PLN Mobile akan memperpendek hari layanan, serta menjadikan proses pasang baru semakin transparan. Pelanggan bisa mengetahui secara persis biaya yang dikeluarkan dan tahapan proses yang dilalui.

Sebelumnya, menu Pasang Baru (PB) dalam PLN Mobile sudah bisa dinikmati seluruh pelanggan di pulau Jawa, Madura dan Bali pada 1 Juli 2021.

Masuknya menu ini untuk wilayah pelayanan Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo); Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (Sulselrabar); Nusa Tenggara Barat (NTB); dan Sumatera Utara (Sumut); menjadikan super apps kebanggaan PLN ini bisa dirasakan manfaatnya oleh semakin banyak rakyat Indonesia.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan, selaras dengan aspirasi transformasi PLN yakni _customer focused,_ kualitas aplikasi PLN Mobile terus ditingkatkan untuk menjawab aspirasi pelanggan.

"Jika dulu pelanggan harus ke kantor pelayanan untuk pasang baru dan tambah daya, sekarang dengan mudah lewat sentuhan jari pada gadget," ujar dia.

Proses pembayaran pun bisa dilakukan melalui m-banking atau channel pembayaran digital lain. Setelah itu, pelanggan langsung dapat dilayani dalam waktu yang lebih singkat karena tersinkronisasi dengan aplikasi.

Darmawan mengemukakan kesuksesan fitur ini tentunya sangat memerlukan dukungan sosialisasi yang masif. Oleh karena itu, perlu ada upaya, strategi dan pendekatan khusus sehingga informasi kemudahan layanan ini dapat tersampaikan kepada masyarakat dan menjadi bermanfaat.

"Harapan saya, seluruh rakyat Indonesia bisa memanfaatkan fitur pendukung PLN Mobile ini," kata Darmawan.

Menu PB sudah dapat dinikmati oleh pelanggan PLN Mobile pada 3 Unit Induk Wilayah di Regional Sulawesi, Maluku, Papua Nusa Tenggara, yaitu Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Tengah, Utara dan Gorontalo (SUTG), Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat (SSTB) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua & Nusa Tenggara Syamsul Huda pun berharap pada tanggal 27 Oktober 2021 nanti akan segera disusul Go Live tahap 2 pada wilayah-wilayah lainnya.

Tag: pln

Bagikan: