Masih Dibuka, Ini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 18

Tim Editor

Dok. Prakerja

ERA.id - Pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 18 akan ditutup pada siang hari ini, Kamis (19/8/2021). Seperti diketahui, pendaftaran Program Kartu Prakerja gelombang 18 ini telah dibuka sejak Senin (16/8) lalu.

Sedangkan untuk jumlah kuota pada gelombang 18 ini ditargetkan sebanyak 800.000 orang. Namun, sebelum pendafaran resmi di tutup, pihak Manajemen Pelaksana Program Kartuprakerja belum bisa memastikan berapa jumlah total pendaftar di gelombang 18 ini.

"Gelombang 18 akan ditutup siang ini jam 12.00 WIB dan kuotanya adalah 800.000 (peserta). Untuk jumlah total, nanti dikabari setelah seluruh proses pendaftaran selesai," ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Pra Kerja Louisa Tuhatu kepada wartawan, Kamis (19/8/2021).


Terpisah, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, bobot kuota Program Kartu Prakerja per provinsi berdasarkan jumlah penganguran, kasus COVID-19, dan lowongan pekerjaan.

"Sama seperti sebelumnya, mempertimbangkan aspek pemerataan, ke depannya kuota akan dibagi secara proporsional. Program ini inklusif dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat," ujar Airlangga melalui keterangan tertulis.

Sama seperti sebelumnya, pendaftar Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua WNI 18 tahun ke atas, baik pencari kerja, lulusan baru, korban PHK, karyawan maupun pelaku wirausaha namun tidak sedang mengikuti pendidikan formal, tidak tercatat di DTKS Kemsos, bukan penerima BSU, BPUM.

Sedangkan TNI/Polri, ASN, Kepala Desa/Perangkat Desa, Komisaris BUMN/BUMD, Anggota DPR, DPRD tidak diperbolehkan untuk mendaftarkan diri sebagai perserta.

Tag: kartu prakerja prakerja Kartu Prakerja Gelombang 18

Bagikan: