Tinjau Vaksinasi Pelajar di Jawa Timur, Jokowi: Kalau Sudah Divaksin Silakan Belajar Tatap Muka

Tim Editor

Jokowi (Dok. Antara)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengatakan, sekolah dapat kembali menggelar pembelajaran tatap muka jika seluruh siswa dan guru telah menjalani vaksinasi COVID-19.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk pelajar di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Dalam acara tersebut, Jokowi juga menyempatkan diri berbincang dengan sejumlah pihak sekolah di beberapa provinsi di Indonesia melalui sambungan video call.

"Untuk semuanya, untuk semua pelajar di seluruh Tanah Air kalau sudah divaksin silakan dilakukan langsung belajar tatap muka. Karena SKB menteri kan sudah ada," kata Jokowi.


Meskipun nantinya sudah boleh kembali belajar tatap muka, Jokowi tetap mengingatkan supaya para siswa selalu berhati-hati dan menjaga protokol kesehatan secara ketat.

Secara khusus, Jokowi menekankan pentingnya memakai masker untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di sekolah.

"Saya pesan kepada anak-anak, tetap semangat belajar daring. Kalau nanti sudah bisa tatap muka, tetap pakai masker. Meskipun sudah divaksin, tetap dipakai maskernya," kata Jokowi.

Sebelumnya, Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri merencanakan pembelajaran tatap muka kembali dibuka pada Juli 2021 dengan catatan, proses vaksinasi untuk guru dan tenaga kependidikan rampung. Namun, rencana tersebut batal lantaran melonjaknya kasus COVID-19 pasca libur Lebaran 2021.

Sedangkan mengacu pada aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), hanya daerah yang berstatus Level 1-3 saja yang boleh menggelar pembelajaran tatap muka terbatas. Sedangkan daerah di PPKM Level 4 tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh atau daring.

Tag: jokowi covid-19 sekolah tatap muka vaksinasi pelajar

Bagikan: