Selamat Jalan Budi Darma, Penulis "Orang-Orang Bloomington" Meninggal Dunia

| 21 Aug 2021 11:43
Selamat Jalan Budi Darma, Penulis
Budi Darma

ERA.id - Penulis yang karyanya indah, yaitu Budi Darma, meninggal dunia. Ia tutup usia dalam usia 84 tahun di Rumah Sakit Islam Ahmad Yani Surabaya, Sabtu (21/8/2021), pukul 06.00 WIB.

Kabar itu dibenarkan oleh pihak Unesa. “Beliau meninggal karena sakit,” kata Kepala Humas Unesa Vinda Setianingrum.

Ya, Budi memang pernah menjabat sebagai Rektor Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Surabaya pada 1984 itu (sekarang Universitas Negeri Surabaya).

Jenazah Budi sendiri rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Keputih Surabaya.

Di lain pihak, adik Budi Darma, yakni Budi Sampurno bilang kalau kakaknya mengembuskan napas terakhir setelah terinfeksi COVID-19.

Kakaknya sendiri telah dirawat di rumah sakit sejak 28 Juli 2021. "Jenazah sudah mau diberangkatkan, kami sudah siap untuk ikut meluncur ke Keputih," kata Budi Sampurno.

Budi Darma dikenal sebagai akademisi dan sastrawan yang telah melahirkan berbagai cerita pendek, novel, esai dan karya tulis lainnya.

Pria yang lahir di Rembang pada 25 April 1937 ini merupakan lulusan Jurusan Sastra Barat dari Fakultas Sastra UGM, dia juga belajar di Universitas Hawaii, Honolulu, Amerika Serikat dan Universitas Indiana, Bloomington, Amerika Serikat.

Selain Orang-Orang Bloomington, guru besar FBPS Universitas Negeri Surabaya telah menulis novel Olenka, Raflus, Ny. Talis serta antologi cerpen Kritikus Adinan.

Untuk diketahui, di kalangan sastrawan, Budi Darma sudah tidak asing. Orang-orang Bloomington miliknya, banyak dibaca orang.

Gaya bertutur dalam buku tersebut juga sangat memikat. Intinya, Budi menjadi penulis yang punya ciri khas tersendiri sewaktu menumpahkan isi pikirannya dalam tulisan.

Rekomendasi