Kabar Baik dari Menkes: Vaksinasi Covid RI No.9 Dunia, di Bawah China hingga Jepang

| 25 Aug 2021 12:09
Kabar Baik dari Menkes: Vaksinasi Covid RI No.9 Dunia, di Bawah China hingga Jepang
Ilustrasi vaksinasi (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi sadikin megklaim Indonesia berhasil menduduki peringkat keenam dunia untuk jumlah rakyat yang sudah disuntik vaksin Covid-19.

Menurutnya, hingga 24 Agustus 2021 sudah ada 58 juta orang yang divaksin Covid-19.

"Sebagai informasi, per kemarin Indonesia menduduki peringkat keenam dunia dalam hal jumlah rakyat di negara tersebut yang sudah berhasil mendapatkan akses vaksinasi. Indonesia sekarang hari ini sudah 58 juta hampir 59 juta (orang)," kata Budi dalam paparannya saat menghadiri Rapat Dengat Pendapat (RDP) dengan Komisi IX DPR RI, Jakarta, Rabu (25/8/2021).

Budi menjelaskan, dari jumlah cakupan masyarakat yang mendapatkan akses vaksin Covid-19, Indonesia berada di bawah China, India, Amerika Serikat, Brazil, dan Jepang.

Selain itu, Indonesia juga menduduki peringkat ketujuh di dunia dalam hal laju penyuntikan vaksinasi Covid-19. Budi mengungkapkan, hingga saat ini Indonesia sudah berhasil melampaui 92 juta dosis vaksin Covid-19 yang sudah disuntikkan.

"Dari jumlah suntikan yang diberikan, kita ada di posisi ketujuh dunia. Dibawah China, India, Amerika, Brazil, Jepang, dan Jerman. Dan per tadi pagi saya lihat angka suntikan kita sudah melampaui 92 juta dosis," papar Budi.

Lebih lanjut, mantan wakil menteri BUMN menjelaskan, sejak program vaksinasi Covid-19 yang dimulai pada 13 Januari 2021, pemerintah berhasil menembus angka 57 juta orang yang disuntik vaksin per 8 Juli 2021.

Saat ini, pemerintah tengah berusaha menyelesaikan 100 juta dosis vaksi Covid-19 di akhir Agustus 2021.

"Mungkin bisa kita capai antara 4-5 minggu sehingga perkiraan kami di akhir tahun mungkin bisa capai di angka 300 jutaan," pungkasnya.

Rekomendasi