Menkes: Vaksinasi Covid-19 di Indonesia Ranking 5 Dunia, Susul Jepang

Tim Editor

Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (Dok. Antara)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengklaim vaksinasi Covid-19 di Indonesia saat ini menduduki peringkat kelima dunia setelah 94 juta penduduk di Tanah Air mendapatkan vaksin dosis pertama.

Menurut Budi, Indonesia naik satu peringkat dan berhasil menyusul Jepang dari segi jumlah penduduk yang sudah divaksin.

"Per hari ini sudah 94 juta orang Indonesia yang sudah divaksinasi dosis pertama. Indonesia di ranking lima dunia, kita naik satu tingkat menyusul Jepang yang ada di kisaran 80-an juta orang, suntiknya 148 juta ranking keenam dunia," ujar Budi dalam konferensi pers daring, Senin (4/10/2021).


Sedangkan dari sisi jumlah suntikan vaksinasi, Budi mengatakan Indonesia berada di ranking keenam dunia. Meski begitu, laju penyuntikan vaksin Covid-19 di Indonesia telah mencapai dua juta suntikan per hari sepanjang September 2021.

"Suntiknya 148 juta ranking ke enam dunia. Dan kita sudah melampaui dua juta suntikan per hari di bulan September ini," kata Budi.

Lebih lanjut, mantan wakil menteri BUMN itu mengatakan, Indonesia sudah menerima 222 juta dosis vaksin Covid-19 hingga saat ini. Dari jumlah itu, sebanyak 193 juta dosis sudah kita kirim ke daerah, dan vaksin yang sudah disuntikan sekitar 184 juta dosis.

Menurutnya, persediaan vaksin Covid-19 di Indonesia masih memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Total stok ada di kita di kisaran 70 jutaan, masih cukup banyak. Sekarang kita terus membicarakan bagaimana percepatan vaksinasi ini," pungkas Budi.

Tag: jepang covid-19 vaksin covid-19 budi gunadi sadikin menkes budi gunadi sadikin

Bagikan: