Jokowi Wanti-wanti soal Corona Varian Mu, Minta Menhub 'Pelototi' Sektor Perhubungan

| 07 Sep 2021 12:58
Jokowi Wanti-wanti soal Corona Varian Mu, Minta Menhub 'Pelototi' Sektor Perhubungan
Presiden Joko Widodo (Dok. BPMI)

ERA.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardi untuk memperhatian aturan-aturan di bidang perhubungan diperketat. Hal ini sebagai bentuk kewaspadaan terhadap adanya varian Covid-19 B1621 atau varian Mu.

Jokowi menyampaikan hal tersebut dalam Rapat Terbatas evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Senin (6/9).

"Saya juga ingin perhatian kita semuanya yang berkaitan dengan perhubungan, mungkin pak Menteri Perhubungan, yang berkaitan dengan varian baru, Varian Mu," ujar Jokowi seperti dikutip dari video yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/9/2021).

Jokowi menegaskan, agar peraturan mengenai mobilitas harus detil. Dia mengatakan, jangan sampai Varian Mu menyebar luas di Indonesia dan merusak capaian penanganan pandemi Covid-19 yang sudah dilakukan selama ini.

"Ini (Varian Mu) betul-betul agar kita lebih waspada dan detil. Jangan sampai ini merusak capaian yang sudah kita kerjakan," tegas Jokowi.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menegaskan, Covid-19 varian Mu belum terdeteksi di Indonesia. Kepastian ini didapat setelah dilaksanakan genome sequencing terhadap ribuan sampel yang dimiliki.

"Di sekitar kita belum ada varian Mu. Kita sudah melakukan genome sequencing terhadap 7.000an orang di seluruh Indonesia dan belum terdeteksi," kata Dante dalam koferensi pers, Senin (6/9/2021).

Rekomendasi