Berlaku Oktober Mendatang! Tanpa Aplikasi PeduliLindungi Sudah Bisa Naik Pesawat atau Kereta Api

| 27 Sep 2021 15:44
Berlaku Oktober Mendatang! Tanpa Aplikasi PeduliLindungi Sudah Bisa Naik Pesawat atau Kereta Api
Peduli Lindungi

ERA.id - Penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk beraktivitas atau berkegiatan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dinilai cukup merepotkan masyarakat, belum lagi banyak warga yang belum memiliki ponsel.

Melihat hal itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berjanji bakal memperbaiki dan memperbarui mekanisme terkait peraturan soal aplikasi PeduliLindungi.

Mulai Oktober vulan depan, Kemenkes memberikan sejumlah opsi untuk menunjukkan status vaksinasi seseorang.  

“Ini akan launching di bulan Oktober ini. Ada proses dimana kami memerlukan beberapa model untuk bisa diakses oleh setiap orang," kata Chief Digital Transformation Office Kemenkes Setiaji dalam diskusi secara virtual, Jumat lalu.  

Bagi masyarakat yang ingin bepergian menggunakan pesawat atau kereta api tidak perlu lagi menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Status hasil tes swab PCR maupun antigen dan sertifikat vaksin mereka tetap bisa teridentifikasi melalui nomor NIK saat membeli tiket.

Kemenkes menjanjikan kesiapan pemberlakuan peraturan tersebut di bandara melalui integrasi data dengan tiket pesawat. Begitu pula dengan validasi hasil tes dan sertifikat vaksin pada tiket kereta api.

"Kalau naik kereta api itu sudah tervalidasi pada saat pesan tiket. Sehingga tanpa menggunakan handphone pun itu bisa diidentifikasi bahwa yang bersangkutan sudah memiliki vaksin dan ada hasil tesnya (PCR atau antigen),” ucap Setiaji.

Rekomendasi