Eks Pegawai KPK Bakal Jadi ASN Polri, Komika Sammy: Dipecat Indomaret, Direkrut Alfamart

| 29 Sep 2021 11:06
Eks Pegawai KPK Bakal Jadi ASN Polri, Komika Sammy: Dipecat Indomaret, Direkrut Alfamart
Ilustrasi gedung KPK (Era.id)

ERA.id - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo ingin para pegawai KPK yang tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri.

Niatnya itu juga sudah disetujui Presiden Joko Widodo. Nantinya para mantan pegawai KPK yang merasa dirinya dipecat itu, akan memperkuat Ditpikor Bareskrim Polri.

"Ini mungkin rekan-rekan mendapatkan info. Lebih baik saya jelaskan, hari Jumat (24/9) yang lalu saya telah berkirim surat kepada Pak Presiden untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri terkait pengembangan tugas-tugas di Bareskrim Polri khususnya Ditpikor," kata Sigit dalam rekaman konferensi pers persiapan PON XX Papua yang disiarkan Divisi Humas Polri, Selasa (28/9/2021).

Tak lama, gayung bersambut. Presiden membalas surat Sigit melalui Menteri Sekretaris Negara (Sesneg) yang diterima pada tanggal 27 September 2021.

"Prinsipnya beliau setuju 56 orang pegawai KPK tersebut untuk menjadi ASN Polri," ujar Sigit.

Dalam surat jawaban tersebut, Mensesneg memberikan arahan agar Kapolri berkoordinasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Badan Kepegawaian Negara.

"Oleh karena itu, proses sedang berlangsung dan mekanismenya seperti apa saat ini sedang didiskusikan. Untuk bisa merekrut 56 orang tersebut menjadi ASN Polri," kata Sigit.

Dalam kesempatan itu, Sigit mengungkapkan alasannya merekrut pegawai KPK tidak lolos TWK, karena rekam jejaknya dalam penindakan perkara tindak pidana korupsi.

"Karena Polri melihat terkait dengan rekam jejak dan tentunya pengalaman tipikor tentunya itu sangat bermanfaat untuk memperkuat jajaran organisasi yang saat ini kami kembangkan untuk memperkuat organisasi Polri," kata Sigit pula.

Menanggapi itu, komika Sammy yang sering mengkritik pemerintah, menulis cuitan lucu dari fenomena ini di akun Twitter-nya @notaslimboy. Entah menyindir atau melawak.

"BREAKING NEWS: 56 pegawai Indomaret dipecat, kemudian direkrut Alfamart."

Rekomendasi