Inilah Alasan Kenapa Indomaret Pakai Kata "Maret" Bukan "Mart"

| 19 Feb 2021 11:12
Inilah Alasan Kenapa Indomaret Pakai Kata
Ilustrasi kasir Indomaret

ERA.id - Kenapa Indomaret bukan Indomart? Itu mungkin jadi pertanyaan banyak orang. Sebab, mini market identik dengan kata "mart", seperti Alfamart, Familymart, Hypermart, dan masih banyak lagi. Cuma Indomaret yang beda, pakai kata "maret".

Indomaret yang hampir semuanya gerainya buka 24 jam ini, sudah sangat berjasa enolong kita untuk memenuhi segala kebutuhan sehari-hari mulai dari bahan pangan sampe perlengkapan makeup.

Sekali lagi, pernahkah kamu bertanya, mengapa Indomaret tidak menggunakan kata 'mart', tetapi 'maret'? Mengutip dari Indomaret.co.id, mini market ini berasal dari hasil pemikiran untuk memudahkan kebutuhan pokok sehari-hari karyawan, makanya Indomaret dibentuk pada 1988.

Toko pertama Indomaret awalnya dinamai Indomart yang dibuka di Ancol, di bulan Juni 1988, serta dikelola oleh PT. Indomarco Prismatama. Konsep awal penyedia gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen itu menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari.

Ada dua pendapat yang menguak alasan nama Indomart berubah menjadi Indomaret. Pertama, menyesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Kedua, ada yang mengatakan pada 90-an muncul peraturan pemerintah yang datang dari semangat nasionalisme bagi masyarakat.

Sehingga muncul larang merk atau brand menggunakan bahasa Inggris. Contoh seperti Palm Court menjadi Palma Citra. Begitu juga dengan Indomart yang berubah menjadi Indomaret.

Rekomendasi