Detik-detik Lodewijk Paulus Resmi Ditetapkan Sebagai Wakil Ketua DPR RI

| 30 Sep 2021 14:03
Detik-detik Lodewijk Paulus Resmi Ditetapkan Sebagai Wakil Ketua DPR RI
Pelantikan Lodewijk Paulus (dpr.go.id)

ERA.id - Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi melantik Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus sebagai wakil ketua DPR RI bidang Korpolkam.

Lodewijk diketahui menggantikan posisi Azis Syamsuddin yang ditetapkan sebagai tersangka suap dana alokasi khusus (DAK) Kabupaten Lampung Tengah.

Pelantikan dan penetapan pergantian antar waktu (PAW) pimpinan DPR RI itu dilakukan dalam Rapat Paripurna DPR RI ke-6 Masa Persidangan I Tahun Sidang 2021-2022 akan digelar di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Sebelum penetapan dan pelantikan PAW pimpinan DPR RI, Ketua DPR RI Puan Maharani terlebih dahulu membacakan isi surat dari DPP Partai Golkar dan Fraksi Golkar mengenai usulan penggantian wakil ketua DPR RI dari Fraksi Partai Golkar.

"Sehubungan dengan hal tersebut, kami menanyakan kepada seluruh peserta sidang apakah saudara Haji Lodewijk F Paulus dapat ditetapkan sebagai wakil ketua DPR RI?" tanya puan ke peserta rapat paripurna. Seluruh peserta rapat kompak menjawab setuju.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pelantikan dan sumpah jabatan Lodewijk F Paulus sebagai wakil ketua DPR RI menggantikan Azis Syamsuddin. Usai pelantikan, Lodewijk langsung menduduki kursi pimpinan di ruang Rapat Paripurna.

"Pimpinan Dewan mengucapkan selamat kepada bapak Lodewijk F Paulus selaku wakil ketua DPR RI yang baru saja dilantik dan sesuai dengan peraturan DPR RI maka yang bersangkutan ditugaskan menjadi wakil ketua DPR RI Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan," ucap Puan.

"Semoga dengan bergabungnya saudara Lodewijk F. Paulus akan lebih memperkuat pelaksanaan tugas-tugas konstitusional dewan," pungkasnya.

Lodewijk lantas maju ke ke depan mendekati podium untuk dilantik. Ia pun memberikan tanda hormat kepada pimpinan sidang.

"Demi Allah saya bersumpah. Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil ketua DPR dengan sebaliknya dan seadil-adilnya," ucap Lodewijk.

Usai menuntaskan prosesi itu, ia melakukan penandatanganan acara sumpah. Lodewijk pun sah menjadi Wakil Ketua DPR.

Lodewijk, yang merupakan mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) TNI AD itu, sebelumnya terdaftar sebagai anggota Komisi I DPR RI periode 2019-2024.

Rekomendasi