Papua Punya Gelanggang Olahraga Berstandar Internasional, Jokowi: Setelah PON Jangan Rusak dan Sepi

| 02 Oct 2021 15:03
Papua Punya Gelanggang Olahraga Berstandar Internasional, Jokowi: Setelah PON Jangan Rusak dan Sepi
Presiden Joko Widodo saat meninjau pembangunan Istora Papua Bangkit di Kabupaten Jayapura, Papua pada Senin (1/4/2019). (Bayu Prasetyo)

ERA.id - Menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh venue yang nantinya akan digunakan sebagai area perlombaan. Dia berharap, ketujuh vanue tersebut daapt mendukung pelaksanaan PON di bumi Cendrawasih.

Dalam kesempatan itu, Jokowi nampak didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia.

"Kita patut bersyukur, Alhamdulillah seluruh venue PON XX Papua sudah selesai dan siap dimanfaatkan utk mendukung suksesnya pelaksanaan PON yang baru pertama kali dilaksanakan di tanah Papua," ujar Jokowi seperti dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Jokowi mengatakan, dengan adanya tujuh venue olahraga tersebut, maka kini Papua memiliki berbagai macam gelanggang olahraga berstandar internasional. Misalnya seperti arena dayung, hoki, kriket, panahan, hingga sepatu roda.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menjelaskan, venue-venue olahraga tersebut hadir dengan berbagai inovasi kecanggihan konstruksi yang hemat energi dan ramah lingkungan.

"Kita juga patut bersyukur, Papua kini memiliki berbagai venue olahraga yang berstandar internasional. Mulai dari Istora Papua Bangkit, Arena Aquatic, Arena Kriket, Arena Hoki, Arena Dayung, Arena Panahan, sampai Arena Sepatu Roda," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menggarisbawahi bahwa venue-venue tersebut dibangun bukan hanya untuk kepentingan PON XX Papua saja. Tetapi juga untuk fasilitas masyarakat ke depannya.

Oleh karena itu, dia menegaskan agar pemerintah daerah memberi perhatian khusus untuk merawat, menjaga dan memastikan tempat-tempat yang dibangun dengan memakan anggaran yang besar itu tidak berubah menjadi tempat yang sepi dan tak terawat.

"Saya tidak ingin setelah nanti PON usai, fasiltitas yang telah dibangun dengan dana besar dan berstandar Internasional ini jusru jadi tempat sepi, tidak terawat, dan akhirnya rusak, ini yang tidak kita maui," tegasnya.

"Oleh sebab itu saya minta gubernur, bupati, walikota, untuk menyiapkan manajemen pengelolaan fasiltias ini secara profesional agar bisa venue-venue yang ada terpelihara dengan baik," imbuhnya.

Jokowi juga berharap agar vanue olahraga itu bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjaring bibit unggul di bidang olahraga, pembinaan atlet di Papua supaya makin berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk diketahui, Jokowi akan membuka pelaksanaan PON XX Papua Tahun 2021 malam nanti waktu bagian Papua yang dipusatkan di Stadion Lukas Enembe, Jayapura.

PON XX Papua digelar pada 2-15 Oktober 2021 dengan total cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 37 dan melibatkan kurang lebih 7.039 atlet. 

Tags : jokowi PON papua
Rekomendasi