Buka PON Papua Pakai Bahasa Sentani, Jokowi: Kemajuan Akan Berjalan Cepat

Tim Editor

Presiden Jokowi menghadiri pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021).

ERA.id - Presiden Joko Widodo resmi membuka perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Papua, Sabtu (2/10/2021).

PON XX Papua bakal berlangsung mulai 2 Oktober hingga 15 Oktober 2021.

Saat memulai pidatonya, Jokowi sempat menyapa masyarakat Papua. Dia tampak fasih berbahasa daerah Sentani salah satu suku di Papua.


"Masyarakat Papua yang saya cintai, kasihi, dan sayangi. Huwe foi. Onomi remai, wa wa wa," kata Jokowi yang langsung disambut tepuk tangan meriah.

Jokowi mengaku bangga, sebab untuk pertama kalinya PON digelar di Papua dan dibuka di Stadion yang diklaim sebagai stadion terbaik se-Asia Pasifik.

Dia meyakini, perasaannya itu sama seperti perasaan seluruh masyarakat Papua yang menjadi tuan rumah PON XX Tahun 2021.

"Perasaan saya dan perasaan saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua, dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke-20 yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, PON XX Papua ini juga menjadi gambaran kemajuan di Bumi Cenderawasih. Hal itu dibuktikan dengan infrastruktur dan kemampuan menyelenggarakan acara besar berskala nasional dan internasional.

"Pekan Olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," ujar eks Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Selain itu, pelaksanaan PON ini juga bermakna besar bagi seluruh masyarakat di Tanah Air. Penyebabnya, gelaran ini menjadi panggung persatuan, kebersamaan, hingga panggung keadilan untuk kemajuan bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Jokowi lantas mengajak seluruh masyarakat untuk mengikuti gelaran PON XX Papua ini dengan semarak dan penuh sukacita. Tak hanya itu, para atlet diminta untuk terus menjunjung tinggi sportivitas hingga tali persaudaraan dan kesetaraan.

"Yakinlah kemajuan Papua akan berjalan cepat. Mari kita tunjukkan partisipasi kita untuk menjamin keberhasilan PON ke-20 ini. Dengan mengucap Bismillah, dengan nama Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Pekan Olahraga Nasional 2020 Papua secara resmi saya nyatakan dibuka," kata Jokowi.

Acara pembukaan PON XX Papua digelar meriah yang dihiasi dengan warna warni kembang api serta deretan seniman dan artis papan atas di Indonesia.

Deretan Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat negara hadir langsung seperti Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menpora Zainudin Amali, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono dan menteri lainnya.

Ada juga Ketua DPR Puan Maharani, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Gubernur Papua Lukas Enembe dan para pejabat negara lainnya.

Tag: jokowi papua PON papua stadion lukas enembe

Bagikan: