Lewat WhatsApp, Neno Warisman Izin Mundur dari Partai Ummat: Mau Ngurus Anak...

| 02 Oct 2021 19:30
Lewat WhatsApp, Neno Warisman Izin Mundur dari Partai Ummat: Mau Ngurus Anak...
Neno Warisman

ERA.id - Partai Ummat yang didirikan tokoh politik Amien Rais kembali ditinggal kadernya. Kali ini, Wakil Ketua Majelis Syuro Neno Warisman yang mengajukan pengunduran diri.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Sekretaris Syuro Partai Ummat Ansufri Idrus Sambo. Menurutnya, alasan Neno mundur karena sedang mengurus anaknya di Turki sehingga tak fokus mengurus partai.

"Betul iya (Neno Warisman mundur). Kemarin dia kirim Whatapps ke kita, kirim surat mudur karena mau fokus ngurus anaknya di Turki. Karena tidak bisa aktif, jadi khawatir tidak bisa aktif fokus ngurus anaknya, jadi mundur," kata Sambo kepada wartawan saat dikonfirmasi, Sabtu (2/10/2021).

Sambo menjelaskan, surat tersebut juga ditujukan kepada Ketua Majelis Syuro Partai Ummat yaitu Amien Rais. Setelah itu, partainya akan menggelar rapat keputusan untuk membahas pengunduran diri Neno.

Namun, sejak surat pengunduran diri Neno dilayangkan, Partai Ummat belum menggelar rapat.

"Suratnya ke Pak Amien ditujukannya. Kita belum rapat soal itu," kata Sambo.

"Kita ka ada mekanismenya kalau orang mundur kita tak bisa larang. Cuma ada mekanismenya, akan ada rapat Majelis Syuro, keputusannya di Majelis Syuro," paparnya.

Lebih lanjut, Sambo mengatakan, mundurnya Neno tak mempengaruhi Partai Ummat dalam mempersiapkan diri di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Ummat Agung Mozin sudah lebih dulu mengundurkan diri. Dalam surat pengunduran dirinya, Agung menyatakan, keputusannya ini karena dinamika internal, sekat informasi, dan komunikasi elitis yang tidak mengedepankan akhlakul karimah.

Adapun surat tersebut ditujukan kepada Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais.

"Seraya mempertimbangkan beragam informasi dan aspirasi para sahabat Partai Ummat di berbagai daerah termasuk sahabat-sahabat aktivis demokrasi yang istiqomah konsisten-konsekuen melawan feodalisme dan dinasti politik, dengan ini saya Agung Mozin menyatakan BERHENTI sebagai Pengurus dan Anggota Partai Ummat sebagai bentuk pertanggungjawaban etika dan moral," ujar Agung dalam suratnya yang dikutip pada Kamis (26/8/2021).

Diketahui, mundurnya Agung tak lama setelah terbitnya Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI tentang Pengesahan Badan Hukum Partai Ummat yang terbit 20 Agustus 2021.

Rekomendasi