Foto Risma Menyapu Viral, Yan Harahap: Pencitraan Lebih Penting daripada Pekerjaan

| 04 Oct 2021 15:10
Foto Risma Menyapu Viral, Yan Harahap: Pencitraan Lebih Penting daripada Pekerjaan
Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini menyapu halaman Makam Syekh Burhanuddin di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, Sabtu (2/10/2021).

ERA.id - Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini tampaknya tak terganggu dengan konflik yang bikin heboh netizen di dunia maya, usai bikin Gubernur Gorontalo meradang.

Saat itu memanas, Risma malah memilih menyapu halaman Kawasan Makam Syekh Burhanuddin di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Risma menyapu makam di sela kunjungannya ke daerah itu, untuk memantau kondisi setelah bencana.

"Tokoh yang dimakamkan di sana dihormati oleh seluruhnya, ya, kita jaga kebersihan makamnya," kata Tri Rismaharini di Ulakan Tapakis, Sabtu (2/10/2021) silam.

Kawasan makam tokoh yang dihormati itu, kata mantan Wali Kota Surabaya itu, harus ditata dan dikelola dengan baik.

Tak lupa, ia mengkritik pengelolaan kawasan makam tersebut. Toh, belakangan terjadi bencana pohon tumbang di sana, dan bikin empat orang peziarah yang satu di antaranya meninggal dunia.

"Sepertinya ada sesuatu, jadi harusnya tidak terjadi (bencana)," katanya.

Sebelum menyapu halaman, Mensos sempat mendatangi Makam Syekh Burhanuddin dan mendoakan tokoh penyebar agama Islam di daerah setempat.

Kunjungan Mensos ke Padang Pariaman untuk melihat langsung kondisi korban dan situasi daerah setelah bencana di Kecamatan Lubuak Aluang dan di Kecamatan Ulakan Tapakis.

Sementara itu, Anggota Komisi VIII DPR RI John Kenedy Azis yang juga ikut dalam rombongan kunjungan itu berpendapat aksi Mensos tersebut merupakan aksi spontan.

"Menteri berbisik ke saya, dia ingin menyapu di halaman makam," katanya.

Ia menegaskan aksi tersebut murni ingin berbakti di makam bukan karena ingin mendapatkan sesuatu.

Viralnya foto menyapu Risma itu kemudian ditanggapi oleh politisi Demokrat, Yan Harahap. Menurutnya, kader PDIP tersebut sedang pencitraan.

"Ketika pencitraan lebih penting daripada pekerjaan yang sebenarnya," tuturnya lewat Twitter, sembari mengunggah aksi Risma pegang sapu yang difoto banyak orang.

Rekomendasi