Datangi Pameran Alusista, Jokowi ke Iriana: Mau Naik yang Mana? Nanti Disetirin Pak Andika

Tim Editor

Jokowi melihat pameran alut sista (Screenshot YOutube Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengunjungi pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang digelar di Jalan Merdeka Utara dan Jalan Merdeka Barat sejak Minggu (3/10).

Dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan didampingi oleh Iriana dan Wury Estu Handayani usai mengikuti upacara HUT ke-76 TNI di Istana Negara langsung menuju tempat pameran menggunakan satu mobil golf atau golf cart. Eks Gubernur DKI Jakarta itu tampak menyetir sendiri mobil yang dia gunakan.

Dia tampak menunjuk beberapa alutsista yang diparkirkan di depan Istana Kepresidenan. Setelah berjalan beberapa meter, Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin sempat turun dari mobil golf untuk melihat alutsista yang diparkir.


Jokowi dan Ma'ruf Amin melihat alutsista itu dan sesekali mendengarkan penjelasan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Dalam rombongan itu, tampak hadir juga KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono, hingga KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sempat bercanda dengan ibu negara Iriana. Kepada istrinya, Jokowi menawari Iriana naik ke salah satu alutsista.

"Mau naik yang mana, biar yang menyetir nanti Pak Andika," katanya sembari tertawa.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pameran alutsista tersebut digelar agar masyarakat mengetahui alutsista yang dimiliki TNI. Selain itu, juga untuk lebih mendekatkan TNI kepada masyarakat.

"Ada lebih dari 100 unit alutsista milik TNI yang dipamerkan, tentunya memberikan kebanggaan kepada kita, seluruh masyarakat. Dan dari alutsista tersebut, sebagian besar jarang diketahui masyarakat,” ucap Heru di Jakarta, Senin, 4 Oktober 2021.

Beberapa jenis alutsista yang ditampilkan yaitu 2 unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, 8 unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan 2 unit Rantis Bushmaster.

Ada juga 19 unit P6 ATAV, 18 unit Rudal Mistral, 2 Unit Mistral MPCV, 4 unit radar MCP, 2 unit BTR 4, 1 unit Aligator, 2 unit APC Turangga, 4 unit MLRS RM 70 Vampire beserta 1 unit Rantis Tatrapan, 2 unit Orlikon Skyshield, 4 unit MLRS Astros, dan 6 unit Armed Caesar 155 MM.

Heru menyadari bahwa keberadaan alutsista tersebut tentunya menarik perhatian pengguna jalan. “Bagi masyarakat kami memohon pengertiannya dan memohon maaf jika melewati kawasan Istana karena akan terhambat perjalanannya,” ucap Heru.

Tag: jokowi Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa Iriana

Bagikan: