Tujuh Atlet PON XX Papua Positif Covid-19 Pulang ke Daerah Sebelum Masa Isolasi Selesai, Paling Banyak ke Sidoarjo

Tim Editor

Menkes Budi Gunadi Sadikin (Dok. BPMI)

ERA.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, sebanyak tujuh atlet yang bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 kedapatan kabur dan kembali ke daerah asalnya sebelum masa isolasi selesai. Ketujuh atlet tersebut juga diketahui positif Covid-19.

"Kami juga mengamati ada tujuh atlet yang sudah teridentifikasi positif berhasil keluar dari tempat isolasi sebelum selesai masa isolasinya," kata Budi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (11/10/2021).

Budi merinci daerah mana saja yang dituju ketujuh atlet tersebut. Menurutnya, satu orang atlet kembali ke Tarakan, Kalimantan Utara; dua orang pulang pulang ke Jambi; tiga atlet pulang ke Sidoarjo, Jawa Timur; dan satu atlet pulang ke Yogyakarta.


Kasus tersebut, kata Budi sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas (ratas) siang tadi. Atas arahan Jokowi, para atlet yang positif Covid-19 dan keburu kabur itu harus segera dikarantina setibanya di daerah asal tujuan masing-masing.

"Atas arahan pak presiden kepada atlet yang keburu kembali ke tempat asalnya sebelum isolasinya selesai ini bisa segera dikarantina atau diisolasi di tempat kedatangan," kata Budi.

Kementerian Kesehatan mencatat, per 11 Oktober 2021 siang terdapat sebanyak 83 kasus Covid-19 yang terjadi selama gelaran PON XX Papua 2021.

Menurutnya, penularan Covid-19 terkonsentrasi pada sejumlah cabang olahraga (cabor) seperti Judo, sepatu roda, panahan, dan kriket.

"Juga konsentrasi terjadi di provinsi asal terutama DKI, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jambi, dan Bali," kata Budi.

Tag: covid-19 PON papua Sidoarjo

Bagikan: