Percepat Pengiriman Pesawat NC212i untuk TNI AU, PTDI: Agar Bisa Bersinergi dengan Pemerintah Saat Pandemi

Tim Editor

Ilustrasi pesawat (Anda Mahardhika/ ERA.id)

ERA.id - PT Dirgantara kembali mengirimkan satu unit pesawat NC212i Troop Transport pesanan Kementrian Pertahanan, untuk pemenuhan tugas operasi Angkatan Udara yang bertempat di Skadron Udara 4, Wing Udara Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Pengiriman pesawat ini merupakan yang kedua dari 9 unit pesawat yang dipesan. Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro mengatakan, pesawat yang ketiga akan dikirim akhir tahun 2021.

"Kami melakukan percepatan pengiriman agar TNI AU bisa bertugas untuk membantu negara di situasi pandemi seperti sekarang," ungkapnya saat dikonfirmasi kembali oleh era.id, Selasa (26/10/2021).


Dalam kesepakatan yang sudah tertulis, ada 4 unit pesawat dengan konfigurasi Troop Transport, 4 unit dengan konfigurasi Rain Making atau pesawat yang berfungsi sebagai hujan buatan dan satu unit pesawat untuk navigation Training.

Untuk karakter pesawat NC212i sendiri, Elfien menjelaskan daya angkut yang lebih ringan, karena menggunakan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, serta memiliki ukuran kabin yang lebih luas dibandingkan jenis sekelasnya.

Seperti yang diketahui, pesawat NC212i, saat ini terhitung sebanyak 118 unit pesawat NC212i series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer. Baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 602 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

Tag: TNI AU PT Dirgantara Indonesia alut sista

Bagikan: