Kabar Baik dari Kemenkes: Kasus Mingguan Covid-19 Turun 23 Persen, Situasi RS Kondusif

| 29 Oct 2021 17:53
Kabar Baik dari Kemenkes: Kasus Mingguan Covid-19 Turun 23 Persen, Situasi RS Kondusif
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmidzi menyampaikan kasus mingguan virus Corona di Tanah Air turun sebesar 23 persen.

"Saat ini situasi di Indonesia baik di tingkat nasional maupun provinsi secara umum terjadi penurunan tren kasus baru mingguan sebesar 23 persen. Selain itu juga terjadi penurunan jumlah kematian sebesar 16 persen," jelas Nadia dalam keterangan, Jumat (29/10/2021).

Kendati begitu, kata Nadia, penurutnan ini tidak lantas mengurangi kewaspadaan Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19, mengingat di beberapa negara kembali terjadi lonjakan kasus.

Berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) per 26 Oktober 2021, terjadi peningkatan jumlah kasus maupun kematian di tingkat global dan regional Eropa. Peningkatan ini berkontribusi lebih dari 50 persen total penambahan kasus baru dan sekitar 14 persen dari total kematian.

Lebih lanjut Nadia, mengatakan, kenaikan kasus COVID-19 di negara-negara Eropa dapat menjadi salah satu masukan dan pembelajaran terkait respons nasional.

Untuk itu, pemerintah terus mempertahankan testing rate dan positivity rate pada level yang direkomendasikan WHO. Membaiknya situasi pandemi juga berimbas kepada kondisi rumah sakit. Saat ini, keterisian tempat tidur (BOR) masih dalam level 20 persen.

“Artinya situasi rumah sakit saat ini dalam suasana kondusif," tukasnya.

Rekomendasi