Di KTT COP26, Jokowi Dijadwalkan Bertemu dengan Bill Gates, Jeff Bezos Hingga Presiden AS

| 01 Nov 2021 17:57
Di KTT COP26, Jokowi Dijadwalkan Bertemu dengan Bill Gates, Jeff Bezos Hingga Presiden AS
Menlu Retno Marsudi (BPMI Sekretariat Presiden)

ERA.id - Presiden Joko Widodo pada Senin (1/11/2021) akan menghadiri pembukaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Pemimpin Dunia COP26 di Glasgow, Skotlandia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dalam pertemuan yang membahas mengenai krisis iklim tersebut, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan pernyataan resminya.

Selain  itu, Jokowi juga dijadwalkan akan bertemu dengan sejumlah pemimpin negara hingga tokoh dunia di sela-sela acara COP26.

Retno mengatakan beberapa pemimpindan tokoh yang akan ditemui yakni Perdana Menteri Inggris, Perdana Menteri Palestina, Presiden Amerika Serikat, CEO Rockefeller, Jeff Bezos, dan Bill Gates.

"Kegiatan Presiden sudah sangat-sangat padat. Acara dimulai dengan pertemuan bisnis dengan beberapa perusahaan Inggris yang berencana untuk berinvestasi baru atau menambahkan investasi baru di Indonesia, termasuk di bidang investasi hijau," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi pada Minggu (31/10/2021) dalam keterangan resmi Sekretariat Presiden.

Sebelumnya, KTT Pemimpin Dunia COP26 berlangsung pada tanggal 1-2 November 2021.

KTT yang dipimpin oleh Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson tersebut akan dihadiri oleh 121 kepala negara dan kepala pemerintahan.

Presiden Jokowi menegaskan, posisi Indonesia dalam isu perubahan iklim adalah sangat konsisten. Menurutnya, Indonesia akan terus bekerja keras memenuhi komitmen yang telah dibuat.

“Kita tidak ingin ikut dalam retorika yang pada akhirnya tidak dapat kita jalankan,” jelas Presiden dalam keterangannya di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada Jumat, 29 Oktober 2021 lalu.

Rekomendasi