Dukung Usulan Presiden Jokowi Soal Panglima TNI, Jusuf Kalla: Andika Kekar dan Berpengalaman

| 04 Nov 2021 11:40
Dukung Usulan Presiden Jokowi Soal Panglima TNI, Jusuf Kalla: Andika Kekar dan Berpengalaman
Jusuf Kalla (Antara)

ERA.id - Muhammad Jusuf Kalla (JK) menanggapi usulan Presiden Jokowi yang mengajukan nama Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Prakasa menjadi Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

JK menegaskan mendukung langkah Presiden Jokowi tersebut.

“Kita dukunglah apapun Presiden Jokowi usulkan. Kita dukung Secara moral,” kata JK usai memimpin apel kesiapsiagaan PMI dalam menghadapi dampak musibah La nina di Gudang Markas PMI , Jalan Gatot Subroto , Jakarta Selatan, Kamis (04/11/2021).

JK menilai, sosok Andika Prakasa yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini merupakan Jenderal yang berpengalaman. “Apalagi beliau sudah pengalaman, dan kekar lagi,” imbuh JK.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi telah mengajukan Surat Presiden (Surpres) ke DPR, Rabu, (3/11/2021), lalu.

Surat yang diterima Ketua DPR, Puan Maharani tersebut berisi pengajuan calon Panglima TNI yang mengusulkan KSAD Jenderal Andika Prakasa menggantikan Jenderal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun, 8 November mendatang.

“Presiden mengusulkan satu nama calon Panglima TNI,” kata Puan Rabu lalu.

Setelah menerima Surpres tersebut, DPR selanjutnya akan memproses sekaligus mempersiapkan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Rekomendasi