Punya Peluang Besar, 2 Letnan Jenderal Ini Disebut Layak Gantikan Posisi Andika Sebagai KSAD

| 08 Nov 2021 12:52
Punya Peluang Besar,  2 Letnan Jenderal Ini Disebut Layak Gantikan Posisi Andika Sebagai KSAD
Paripurna DPR sahkan Andika Perkasa (Gabriela Thesa Widiari/Era.id)

ERA.id - Peneliti dari Institute For Security, and Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi menyatakan ada dua orang yang memiliki peluang untuk mengisi jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang dalam waktu dekat akan ditinggalkan Andika Pekasa.

Menurut Fahmi, dua nama tersebut yakni Panglima Komando Cadangan Strategis (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Kepala Staf Umum (Kasum) Letjen TNI Eko Margiyono.

Fahmi menyatakan keduanya sangat berpeluang besar meski di tubuh TNI AD banyak memiliki jenderal bintang tiga mumpuni. Karena, kata dia, sebagian besar sudah cukup senior dan mendekati masa pensiun.

"Saya kira tidak tertutup peluang mempromosikan seorang perwira bintang dua dalam waktu dekat untuk kemudian disiapkan sebagai Kasad," jelas Fahmi dalam keterangan resminya pada Senin (8/11/2021).

Fahmi menambahkan di atas kertas, nama Dudung diunggulkan dan dinilai sebagai 'jago istana'. Tetapi, kata dia, Eko Margiyono juga bukan tidak mungkin karena masa aktifnya lebih panjang dan dari segi kapabilitas sangat layak.

Selain itu, pergantian KASAD ini juga harus mempertimbangkan proyeksi regenerasi kepemimpinan TNI, jelas Fahmi. Karena siapa pun yang menjabat nantinya, berpeluang juga menjadi Panglima TNI setelah Andika.

"Nah, Dudung tidak diuntungkan dari segi usia. Masa aktifnya akan berakhir pada November 2023, sama seperti Yudo Margono, artinya, akan kecil kemungkinan untuk menguat di bursa Panglima," tambah dia.

Ada pun tugas KSAD yang baru nantinya harus memastikan hal-hal yang berkaitan sebagai pembina kekuatan, kemampuan dan kesiapsiagaan matra darat terjaga dengan baik.

"Terutama yang menyangkut integritas dan kapabilitas/kompetensi prajurit, kesadaran dan kepatuhan pada hukum terutama bagi para personel yang bertugas di wilayah konflik," pungkas dia.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI resmi menyetujui Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dalam Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (8/11/2021).

Artinya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu tinggal selangkah lagi menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang kini resmi memasuki masa pensiun.

Jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) nantinya akan ditinggalkan oleh menantu dari mantan Kepala BIN AM Hendropriyono itu.

Rekomendasi