Hari Pertama Ngantor di Mabes TNI, Panglima TNI Andika Sambangi KSAL Yudo Margono, Ada Apa?

| 22 Nov 2021 12:10
Hari Pertama Ngantor di Mabes TNI, Panglima TNI Andika Sambangi KSAL Yudo Margono, Ada Apa?
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (Antara)

ERA.id - Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa di hari pertamanya bertugas di Markas Besar TNI melakukan kunjungan kerja ke Markas Besar TNI AL di Cilangkap, Jakarta Timur.

Kunjungan tersebut untuk melakukan pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono beserta pimpinan AL lainnya.

"Pagi ini saya memulai orientasi karena di Angkatan Darat saya sudah tahu persis setelah melepas jabatannya saya. Jadi fokus saya adalah ke Markas Besar Angkatan Laut," jelas Andika pada Senin (22/10/2021).

Dalam kunjungan itu, Andika mengaku ingin mendapat penjelasan dari Yudo dan pimpinan lainnya mengenai Angkatan Laut.

"Pagi ini saya memulai orientasi karena di Angkatan Darar saya sudah tahu persis setelah melepas jabatannya saya. Jadi fokus saya adalah ke Markas Besar Angkatan Laut," jelas dia.

Andika juga mengaku ingin mendapatkan penjelasan mengenai tugasnya sebagai Panglima TNI terkait dengan matra Angkatan Laut.

"Karena sebagian ada tugas yang sebetulnya di bawah kewenangan KSAL dan KSAU dan KSAD," pungkas Mantan KSAD itu.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/11/2021) siang.

Andika mengisi posisi yang ditinggalkan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun per November 2021.

Pelantikan Andika diawali pembacaan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 106/TNI/2021. Kemudian, Presiden Jokowi menyematkan tanda pangkat di pundak Andika.

Andika hanya punya masa jabatan sekitar 13 bulan alias 400 hari sesuai dengan aturan yang tertuang di Undang-Undang TNI saat ini. Ia akan memasuki masa pensiun saat berusia 58 tahun pada 22 November 2022.

Sementara itu, posisi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) kosong usai ditinggalkan Andika. Jokowi akhirnya menunjuk Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen Dudung Abdurachman untuk mengisi jabatan KSAD.

Rekomendasi