Digitalisasi Jadi Kunci untuk Pulihkan Ekonomi Masyarakat Saat Pandemi

| 08 Nov 2021 09:00
Digitalisasi Jadi Kunci untuk Pulihkan Ekonomi Masyarakat Saat Pandemi
Ilustrasi gaya hidup digital (Unsplash/Marvin Meyer)

ERA.id - Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kominfo Hasyim Gautama menyebut pandemi Covid-19 membuat ekonomi masyarakat terhambat. Karena itu masyarakat maupun pemerintah penting untuk dapat melakukan transformasi dan inovasi digital.

"Dalam masa pandemi justru harus berinovasi dengan segala macam, terutama dengan inovasi-inovasi digital," kata Hasyim dalam diskusi daring, dikutip Senin (8/11/2021).

Menurutnya, inovasi dan transformasi ke dunia digital harus dilakukan agar tak ada satu pun potensi bangsa yang tertinggal. Kominfo pun berupaya memberikan dukungan infrastruktur internet tersebut ke daerah-daerah tertinggal.

"Selain itu juga dengan dukungan aplikasi untuk bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang bisa menjadi potensi wisata. Bagaimana meng-upload konten-konten potensi wisata yang ada di daerah kita," katanya.

Ia menilai potensi wisata Indonesia sangat besar. Sehingga dunia digital akan bisa memperkenalkan potensi wisata Indonesia pada dunia untuk pemulihan ekonomi.

"Peningkatan kapasitas SDM, mungkin masih belum percaya diri dengan apa saja yang bisa kita manfaatkan dengan adanya internet, adanya marketplace dan semua dengan hal yang positif terutama untuk peningkatan ekonomi," katanya.

Rekomendasi