Dukung Peremajaan Bandara Halim, TNI AU: Fasilitas Militer dan Sipil Sedang Dibahas untuk Revitalisasi

| 10 Nov 2021 12:37
Dukung Peremajaan Bandara Halim, TNI AU: Fasilitas Militer dan Sipil Sedang Dibahas untuk Revitalisasi
Bandara Halim Perdanakusuma (Antara)

ERA.id - TNI Angkatan Udara mendukung rencana revitalisasi sejumlah fasilitas penerbangan yang ada di Bandara Halim Perdanakusuma, terutama yang terkait dengan fasilitas keselamatan dan keamanan penerbangan di bandara tersebut.

Hal ini disampaikan Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah Selasa (9/11/2021).

Revitalisasi yang direncanakan oleh Kementerian Perhubungan RI tersebut, lanjut Kadispenau, tentunya melalui pembahasan intensif dan koordinasi bersama antar instansi atau lembaga terkait.

“Revitalisasi ini telah dibahas bersama oleh stakeholder terkait, baik Kemenhub, Kemenhan, TNI AU, Sekneg dan Angkasa Pura II, maupun pemangku kepentingan yang lainnya,” ujar Marsma Indan.

Kadispenau juga menjelaskan revitalisasi berbagai fasilitas bandara yang saat ini sedang dibahas, diantaranya Runway, shelther, apron, terminal bandara, dan sejumlah fasiltas penerbangan lainnya, baik dalam mendukung penerbangan sipil maupun penerbangan militer.

Dikutip dari Antara, Kemenhub berencana merevitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta, guna meningkatkan faktor keselamatan penerbangan.

Revitalisasi dilakukan mengingat Bandara Halim punya fungsi yang vital, namun terjadi penurunan kualitas elemen bandara terutama runway atau landas pacu.

Pembahasan intensif tengah dilakukan dengan berkoordinasi bersama Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Sekretariat Negara, Kementerian PUPR, Angkasa Pura II serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

Rekomendasi