Waspada, 41 Daerah Masih Berstatus PPKM Level 3

| 16 Nov 2021 07:04
Waspada, 41 Daerah Masih Berstatus PPKM Level 3
Luhut Binsar Panjaitan (Antara)

ERA.id - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa-Bali selama dua pekan, terhitung mulai 16 November hingga 30 November 2021.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga Koordinator PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan di periode PPKM ini terdapat penambahan lima kabupaten/kota yang masuk dalam Level 1 dan 10 kabupaten/kota di Level 2. Sehingga total jumlah kabupaten/kota yang berada di PPKM Level 1 menjadi 26.

"Dalam asesmen yang akan berlaku dalam dua minggu ke depan, terdapat penambahan kabupaten/kota yang masuk ke dalam Level 2 sebanyak 10 kabupaten/kota dan Level 1 sebanyak 5 kabupaten/kota. Hingga jumlah keseluruhan Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Level 1 menjadi 26 kabupaten/kota, Level 2 menjadi 61 kabupaten/kota," papar Luhut dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/11/2021).

Sedangkan jumlah kabupaten/kota yang berada di wilayah PPKM Level 3 sebanyak 41 kabupaten/kota. Nantinya, detail aturan PPKM ini akan dituangkan ke dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Meskipun mengalami terus mengalami perbaikan, Luhut tetap mengingatkan agar mayarakat untuk berhati-hati. Karena dia menangkap adanya sinyal kenaikan kasus Covid-19 dan perawatan pasien Covid-19 di wilayah Jawa-Bali dalam sepekan terakhir.

"Beberapa kabupaten/kota di Jawa-Bali yang mulai mengalami peningkatan kasus dan perawatan mingguan. Khusus wilayah Jawa Bali terdapat 29 persen kabupaten/kota yang mengalami peningkatan kasus dibandingkan minggu lalu dan 34 persen Kabupaten Kota yang mengalami peningkatan orang yang dirawat dibandingkan minggu lalu," kata Luhut.

Menurutnya, meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian ini sekaligus untuk memitigasi peningkatan kasus Covid-19 pasca liburan Natal dan Tahun Baru.

"Di kesempatan ini, di tengah angka peningkatan kasus di Eropa dan beberapa negara lain yang terus tinggi, saya kembali mengajak kita semuanya untuk tidak egois dan saling berbesar hati agar kita sama-sama bisa menaati kembali protokol kesehatan," pungkasnya.

Tags : PPKM
Rekomendasi