PPKM Jawa-Bali Resmi Diperpanjang Hingga 2 Pekan, Tak Ada Daerah Berstatus Level 4

| 22 Mar 2022 10:40
PPKM Jawa-Bali Resmi Diperpanjang Hingga 2 Pekan, Tak Ada Daerah Berstatus Level 4
Ilustrasi PPKM (Antara)

ERA.id - Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Jawa-Bali selama dua pekan, berlaku mulai 22 Maret hingga 4 April 2022.

Perpanjangan ini tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2022 yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Senin (21/3).

"Instruksi Menteri ini mulai berlaku pada tanggal 22 Maret 2022 sampai dengan tanggal 4 April 2022," bunyi Inmendagri terbaru yang diterbitkan pada Selasa (22/3/2022).

Dirjen Bina Administrasi Wilayah Kemendagri Syafrizal ZA mengatakan, pada perode ini pengaturan PPKM Level 4 sudah dihapus. Sebab, di wilayah Jawa-Bali sudah tidak ada daerah yant berstatus Level 4.

"PPKM kali ini pengaturan PPKM pada level 4 dihapus karena sudah tidak ada lagi daerah yang berada di PPKM Level 4 dari sebelumnya yang masih terdapat tujuh daerah," ujar Syafrizal melalui keterangan tertulisnya, Selasa (22/3/2022).

Menurutnya, saat ini kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia membaik secara signifikan, yang ditandai dengan pelandaian kasus yang berbanding lurus dengan membaiknya level daerah.

Selain sudah tidak ada daerah yang berstatus Level 4, jumlah daerah pada Level 3 juga mengalami penurunan dari sebelumnya 66 daerah menjadi 39 daerah. Sementara untuk daerah pada Level 2 mengalami kenaikan dari 55 daerah menjadi 83 daerah

Begitu juga dengan daerah yang berada pada PPKM Level 1, dimana saat ini sudah terdapat 6 daerah dari yang sebelumnya belum ada sama sekali.

"Peningkatan jumlah daerah pada Level 2 dan Level 1 serta penurunan Level 3 ini tentunya harus selalu kita sikapi dengan bijak tanpa mengurangi arti kewaspadaan kita dengan terus berupaya untuk memperkuat capaian vaksinasi, termasuk pemberian suntikan ketiga atau booster," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Catat! Mulai Pekan Ini Solo Masuk PPKM Level 4 Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi