Maruli Simanjuntak Menantu Luhut Pandjaitan Diisukan Jadi Pangkostrad, Panglima TNI Andika Perkasa Bilang Begini..

| 18 Nov 2021 07:20
Maruli Simanjuntak Menantu Luhut Pandjaitan Diisukan Jadi Pangkostrad, Panglima TNI Andika Perkasa Bilang Begini..
Mayor Jenderal Maruli Simanjuntak. (Foto: nusabali.com)

ERA.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melantik sejumlah petinggi TNI di Istana Negara, di antaranya yaitu Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI dan Jenderal Dudung Abdurachman sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).  

Dengan begitu kursi Panglima Komando Strategi (Pangkostrad) yang sebelumnya diduduki Jenderal Dudung Abdurrachman kini mengalami kekosongan.

Beredar kabar, salah satu calon Pangkostrad yang bakal menggantikan Dudung adalah menantu Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yakni Mayjen Maruli Simanjuntak yang kini menjabat Pangdam IX/Udayana.

Menanggapi kabar tersebut, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa hanya tertawa. Menurutnya, hal itu nantinya akan menjadi keputusan Presiden Jokowi setelah mendapatkan data dari pihaknya.

"Itu nanti diputuskan oleh beliau (Presiden Jokowi). Kami tugasnya hanya menyiapkan data kemudian melaporkan kepada presiden," kata Andika di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Namun, Andika mengaku banyak yang mampu menjadi kandidat Pangkostrad menggantikan Dudung. Dengan catatan calon itu mumpuni mengemban tanggung jawab.

"Banyak (kandidat Pangkostrad) yang eligible sudah banyaklah," kata Andika.

Mantan KSAD itu menambahkan, dirinya tak punya calon atau pun pilihan sendiri siapa sosok yang akan dijadikan calon Pangkostrad. Dia mengaku hanya menyiapkan data-data untuk diserahkan kepada Jokowi.

"Nggak pernah (punya pilihan calon Pangkostrad). Pokoknya saya bertugas hanya menyiapkan data, saya mohon petunjuk memilih sesuai dengan yang memang sudah eligible (berhak)," kata Andika.

Terpisah, KSAD Dudung Abdurachman mengaku belum mengetahui siapa sosok yang akan menjadi penggantinya sebagai Pangkostrad. Dia juga belum mendengar kabar adanya nama Maruli Simanjuntak yang diisukan bakal calon Pangkostrad.

"Belum tahu sampai sekarang," kata Dudung usai pelantikan.

Dudung mengaku dalam waktu dekat akan segera melaporkan progres terkait pengisian posisi Panglima Kostrad kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Presiden Jokowi.

"Nanti akan kami laporkan kepada Panglima TNI dan nanti akan dilaporkan kepada Bapak Presiden," kata Dudung

Rekomendasi