Airbus: Menhan Prabowo Pesan 2 Pesawat Tanker A400M

| 18 Nov 2021 17:00
Airbus: Menhan Prabowo Pesan 2 Pesawat Tanker A400M
Pesawat A400M Airbus (Dok. Airbus)

ERA.id - Kementerian Pertahanan Republik Indonesia memesan dua pesawat Airbus A400M yang merupakan pesawat multiperan tanker dan angkut.

Dalam keterangan resmi Airbus, kontrak yang akan berjalan efektif di tahun 2022 ini akan meningkatkan jumlah pengguna pesawat A400M menjadi sepuluh negara.

Airbus mengatakan kesepakatan ini termasuk paket dukungan lengkap untuk perawatan dan pelatihan.

Chief Executive Officer Airbus Defence and Space Michael Schoellhorn juga menyatakan Kementerian Pertahanan Indonesia juga berkomitmen akan membeli empat pesawat A400M tambahan di masa yang akan datang.

“Pesanan baru ini akan memperluas kehadiran A400M di wilayah Asia-Pasifik. A400M menawarkan kemampuan yang luar biasa kepada Indonesia, menghadirkan pesawat yang sempurna bagi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) untuk mengirimkan kargo besar dan berat ke daerah terpencil dan melipatgandakan jangkauan kekuatan udara

Indonesia berkat kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang dapat diandalkan,” kata Michael Schoellhorn dalam keterangan resminya pada Kamis (18/11/2021).

Airbus menyatakan pesawat angkut tersebut mampu beroperasi dari landasan pacu yang pendek, Dia menyatakan A400M akan meningkatkan kemampuan angkut TNI AU agar dapat dengan cepat menanggapi krisis, seperti yang telah didemonstrasikan ketika bencana gempa bumi dan tsunami di tahun 2018.

A400M, jelas dia, merupakan pesawat angkut besar pertama yang dapat mengirimkan kargo berat seperti truk bahan bakar dan ekskavator serta makanan, pakaian, dan perlengkapan medis langsung ke Palu, Sulawesi Tengah yang pada waktu itu landasan pacunya pendek dan mengalami kerusakan.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan Pesawat A400M merupakan pesawat yang bisa meningkatkan kemampuan taktis udara TNI AU.

Pesawat ini kata dia memiliki peran penting dalam berbagai misi seperti terjun payung dan transportasi kargo yang besar.

"Kami juga sedang mempertimbangkan pembelian A400M tambahan dalam waktu dekat, terutama dengan adanya perkembangan A400M di masa depan seperti kemampuan pemadam kebakaran yang sedang kami jajaki bersama Airbus. Di samping kemampuan tanker dan taktisnya, pesawat A400M akan menjadi aset nasional yang berperan penting dalam misi kemanusiaan dan tanggap bencana,” ujar Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan Republik Indonesia.

Airbus menyatakan dengan kemampuannya untuk terbang tinggi atau rendah pada kecepatan yang luar biasa, pesawat A400M adalah pesawat yang ideal untuk pengisian bahan bakar pesawat tempur dan pesawat besar lainnya dengan menggunakan dua pod pengisian bahan bakar di bawah

sayapnya.

Airbus mengklaim kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang tertanam di pesawat ini memungkinkan rekonfigurasi cepat A400M sebagai pesawat tanker, membuatnya mudah beradaptasi dengan skenario dan misi operasional yang dinamis.

"Kemampuan adaptasi ini hanya ada di pesawat A400M, yang bahan bakarnya sendiri juga dapat diisi ulang di udara," dalam keterangan resminya.

Rekomendasi