Disentil Erick Thohir Soal Toilet di SPBU Berbayar, Pertamina: Akan Kami Sosialisasikan ke Pemilik

Tim Editor

Erick Thohir (Tangkapan layar)

ERA.id - PT Pertamina (Persero) berjanji akan kembali mensosialisasikan kepada seluruh pemilik Stasiun Pengisian Bensin Umum (SPBU) untuk menggratiskan fasilitas toilet.

Hal ini merespons sentilan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengenai banyaknya toilet di SPBU yang berbayar.

Corporate Secretary Subholding Commercial And Trading PT Pertamina (Persero) Irto Ginting menegaskan toilet merupakan fasilitas yang disediakan di SPBU, maka sudah seharusnya gratis dan terjaga kebersihannya.


"Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat," kata Irto kepada ERA.id, Selasa (23/11/2021).

"Tidak hanya layanan BBM (bahan bakar minyak) namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya," imbuhnya.

Meskipun Pertamina disentil Erick, namun Irto berterima kasih atas teguran tersebut. Dia meyakini, teguran itu bertujuan untuk menjadikan Pertamina menjadi lebih baik lagi.

"Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik," kata Irto.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta seluruh toilet di SPBU milik Pertamina digratiskan.

Hal itu disampaikan Erick saat mengunjungi SPBU Pertamina, Kecamatan Malasan, Probolinggo. Dia kemudian mengunggah perbincangannya dengan penjaga toilet di SPBU melalui akun Instagram pribadinya @erickthohir.

Erick kemuidan meminta seluruh direksi Pertamina untuk menggratiskan fasilitas toilet di seluruh SPBU Pertamina. Sebab, pemilik SPBU sudah mendapat untung dati penjulan bensin sehingga kurang layak jika fasilitas umum harus berbayar.

"Kepada direksi Pertamina saya mengharapkan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari jualan bensin. Sudah gitu, ada juga toko kelontong. Jadi, masyarakat mestinya mendapatkan fasilitas tambahan," kata Erick dikutip dari Instagramnya pada Selasa (23/11).

Dia juga menekankan, peraturan ini semestinya berlaku pada seluruh SPBU Pertamina, termasuk yang dikelola swasta.

"Saya minta direksi Pertamina harus perbaiki. Dan saya minta nanti seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina toiletnya enggak boleh bayar harus gratis," pungkasnya.

Tag: erick thohir toilet gratis

Bagikan: