Satgas BLBI Serahkan Lahan Milik BLBI Sebanyak 10,2 Hektare untuk Pemkot Bogor, Akan Dipakai untuk Apa Saja?

| 23 Nov 2021 22:30
Satgas BLBI Serahkan Lahan Milik BLBI Sebanyak 10,2 Hektare untuk Pemkot Bogor, Akan Dipakai untuk Apa Saja?
Dedie A Rachim (Diman Sutini/ ERA.id)

ERA.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan akan menghibahkan aset eks Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) kepada Pemerintah Kota Bogor.

Penyerahan hibah akan dilakukan pada tanggal 25 November 2021 dengan luas lahan Sebesar 10,2 hektare.

Sementara itu, Wakil Walikota Bogor, Dedie A Rachim mengungkapkan lahan seluas total 10,2 hektare itu terletak di tiga titik yaitu Katulampa sebanyak 6 hektare, Bogor Nirwana Residance (BNR) 3,2 haktare, dan Regional Ring Road (R3) di Kecamatan Bogor Timur seluas total 1 hektare.

"Untuk di Katulampa lahan yang 6 haktare akan dibangun pusat pemerintahan Kota Bogor," katanya kepada wartawan saat berada di Kelurahan Babakan Pasar, Selasa (23/11/2021)

Selanjutnya, untuk lahan seluas 3,2 hektare di Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Dedie menyebutkan akan digunakan untuk stasiun kecil atau stoplet kereta double track Bogor-Sukabumi.

"Sehingga masyarakat di kawasan Bogor Selatan bisa berhenti di Bogor Nirwana Residence (BNR), Rancamaya, Ciomas, dan di Lido," ucap Dedie yang juga pernah menjabat Direktur di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selebihnya, lanjut dia, lahan seluas 2.500 hingga 3.000 meter persegi di titik tersebut akan digunakan untuk kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bogor.

"Di lahan itu juga diperuntukkan bagi kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor,"

Dedie menambahkan, sisa 1 hektare yang terpencar, akan digunakan untuk melanjutkan proyek R3. Sebab di daerah tersebut nantinya akan berkembang dengan dibangunnya jalur R3 tersebut.

“Karena ini (lahan) terpisah-pisah, kemungkinan kita akan kerjasama untuk Samsat Kota Bogor bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat," pungkasnya.

Rekomendasi