Ganjar Pakai Baju Adat Bugis-Makassar, Kode untuk Syahrul dan Amran Sulaiman?

Tim Editor

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional di SLB Negeri Semarang, Kamis (25/11/2021). (Antara)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo elektabilitasnya sedang berada di puncak. Hitungan itu sudah diumumkan oleh beberapa lembaga survei.

Di antara Ganjar, bertengger nama Prabowo dan Anies Baswedan. Tak ayal, gerak-gerik Ganjar pun kadang ditafsirkan sebagai gerakan politis.

Mulai dari gesturnya, ucapannya, dll. Hari ini, saat memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional di SLB Negeri Semarang, Kamis (25/11/2021), Ganjar memakai baju adat Bugis-Makassar. Seperti songkok emas dari Bone, jas tutup, dan lipa sabbe khas Bugis.


Praktis, gaya tersebut mengingatkan aksi Ganjar yang memuji dua tokoh Bugis dan Makassar, yang santer dikabarkan kepincut ingin maju di Pilpres 2024 sebagai wakil presiden.

Siapa sosoknya? Adalah eks Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, keturunan Bugis yang berasal dari Bone dan Mentan Syahrul Yasin Limpo, mantan Bupati Gowa dan juga Gubernur Sulsel 2 periode.

Teman dekat Amran

Amran Sulaiman (Setkab)


Waktu itu, 28 Oktober 2021 silam, Ganjar sempat memuji Amran Sulaiman ketika ia kedatangan tamu dari perwakilan pemuda Sulsel.

Perwakilan pemuda Sulsel itu bernama Estunugraha alias Egha. Saat mendatangi Ganjar di 'Puri Gedeh' Semarang, Egha menyerahkan seperangkat pakaian adat Bugis Makassar, seperti songkok recca Bone dan sarung khas Bugis Makassar yakni lipa sabbe.
 
Uniknya, Ganjar langsung memakai pemberian itu. Ganjar pun berterima kasih kepada masyarakat Sulsel.

“Saya dengan masyarakat Sulsel, khususnya di Jateng sudah lama berhubungan akrab. Di bawah organisasi KKSS (Kerukunan Keluarga Sulsel), kami telah senapas dalam melihat visi keindonesiaan ke depan”, katanya.

Bahkan, kata Ganjar, ia diberi gelar adat oleh masyarakat Sulsel dengan nama ‘Daeng Manaba’.

Membalas itu, Egha menyampaikan salam dari pengusaha sukses dari Sulsel yakni Andi Amran Sulaiman. Mendengarnya, Ganjar langsung merespons.

“Salam balik pada beliau, saya dengan Pak Amran itu sudah berteman sejak lama. Kami memang sudah dekat sejak dulu. Sekali lagi salam buat beliau”, katanya.

Pujian ke Syahrul

Syahrul Yasin Limpo (Setkab)


Beda dengan Amran, Syahrul juga tak mau kalah dalam menggoda Ganjar. Dalam satu acara, pria berakronim SYL ini memuji Ganjar sebagai gubernur tergagah di dunia.

Ucapan tersebut viral lewat video pendek bertema “Pujian balas pujian" yang diunggah Ganjar di media sosialnya.

Saat itu, Ganjar dan Syahrul memang menghadiri peringatan Hari Rabies Sedunia di Jawa Timur.

Saat itu, Syahrul mempersilakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk berbicara.

"Sekarang gilirannya Gubernur yang paling gagah di dunia adalah Pak Ganjar, silakan Jawa Tengah," kata SYL.

Ganjar pun lalu membalas ucapan sosok yang pernah keok saat bersaing dalam dan pemilihan calon legislatif di DPR RI, daerah pemilihan Sulsel II.

"Justru kita melihat dulu katanya 'wah Pak Syahrul ini bukan insinyur Pertanian, bukan dokter hewan, bukan sarjana peternakan'. Tapi ingat, Pak Syahrul ini pernah menjabat mulai Lurah, Camat, Bupati sudah lengkap lah," tutur Ganjar.

Ganjar juga menilai, tokoh politik yang pernah tersisih melawan Setya Novanto dalam berebut kuasa di partai Golkar itu, merupakan jagoan politik.

"Jadi kalau orang bercerita politik managerial terkait dengan apapun, beliau ini jagonya," tuturnya.

Tag: ganjar pranowo syahrul yasin limpo pilpres 2024 amran sulaiman

Bagikan: