Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Perdana di Sumut Diresmikan, Bobby Nasution: Ini Mancing Nampaknya

| 09 Dec 2021 21:55
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Perdana di Sumut Diresmikan, Bobby Nasution: Ini Mancing Nampaknya
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution (Muchlis Ariandi/Era.id)

ERA.id - Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) diluncurkan di Sumatera Utara. SPKLU pertama tersebut diresmikan Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Pengisian listrik kendaraan umum itu berlokasi di di Halaman PLN ULP Medan Kota yang terletak di Jalan Listrik Nomor 8 Kota Medan, Sumatera Utara.

Bobby Nasution sempat menjajal kendaraan listrik dari salah satu pabrikan, setelah meresmikan SPKLU yang menandai Kota Medan telah siap dengan perubahan energi dari fosil ke tenaga listrik.

"Ini hal baru, pertama di Sumut di Kota Medan telah ada SPKLU. Tentu ini sebuah terobosan baru di Medan sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia. Seharusnya perkembangannya juga harus besar. Sebagai kota metropolitan kita bisa ikuti perkembangan zaman," kata Bobby.

Bobby mengatakan mendukung agar SPKLU lebih banyak lagi dibangun di Kota Medan. Bahkan ia menyambut baik keterangan dari pihak PLN yang mengatakan akan membangun satu unit SPKLU di Balai Kota Medan.

"Dengan adanya SPKLU ini akan lebih menstimulus masyarakat di Medan yang hari ini masih pikir-pikir beli kendaraan listrik. Kalau makin banyak SPKLU di Medan akan makin banyak juga penggunanya. Mau di pasang juga di Kantor Pemko Medan katanya, ini mancing nampaknya agar kita pakai kendaraan listrik juga," ungkapnya.

Kendati perubahan teknologi yang semakin pesat, menantu Presiden Joko Widodo itu mengharapkan harus beriringan dengan upaya pelestarian lingkungan. Oleh sebab itu, lanjutnya, beralih ke tenaga listrik dengan program mobil listrik adalah satu upaya menjaga lingkungan dari emisi.

"Kemajuan zaman kita ikuti bahkan kita harus unggul namun dampak lingkungan harus dijaga. Kegiatan sehari-hari kita harus kurangi dampak lingkungan salah satunya dengan beralih ke tenaga listrik. Baik untuk lingkungan, karena tak ada emisi gas buang, bahan bakar bisa diperbarui. Jadi mobil atau kendaraan listrik ini banyak dampak positifnya," ucapnya.

Sementara itu General Manager PLN UIW Sumatra Utara, Pandapotan Manurung, menyebutkan, PLN menyambut baik program pemerintah dalam penggunaan kendaraan dengan energi ramah lingkungan secara masif.

Untuk mendukung ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dapat diwujudkan, pihaknya akan terus menambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di berbagai daerah.

"Kami akan segera mengoperasikan beberapa SPKLU di lokasi strategis lainnya. Dalam hal ini PLN membuka peluang bisnis bagi yang berminat untuk berkolaborasi dengan penyediaan SPKLU, karena PLN sudah menyediakan skemanya," kata Pandapotan.

Untuk mempermudah investor, lanjutnya, PLN juga telah meluncurkan website khusus untuk layanan kemitraan penyediaan SPKLU. Website ini untuk memfasilitasi pihak ketiga yang ingin membangun SPKLU.

Tak hanya itu saja, PLN juga sudah mengembangkan platform Charge.IN yang terintegrasi dengan superapps PLN Mobile untuk memberikan kemudahan kepada pengguna kendaraan listrik dalam memonitor lokasi SPKLU terdekat dan aktif.

Selanjutnya pada layanan itu pengguna bisa melihat riwayat pembelian listrik pada saat pengisian, riwayat penggunaan listrik pada kendaraan dan memulai proses pengisian.

Rekomendasi