Omicron Masuk RI, Menkes: Ada 5 Kasus Probable

| 16 Dec 2021 11:27
Omicron Masuk RI, Menkes: Ada 5 Kasus Probable
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Antara)

ERA.id - Covid-19 Varian Omicron telah terdeteksi di Indonesia yang diketahui menginfeksi salah satu petugas kebersihan di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, Kementerian Kesehatan juga mendeteksi lima kasus probable atau kemungkinan Varian Omicron.

"Diluar pasien yang sudah terkonfirmasi ini (positif Covid-19 Varian Omicron), Kemenkes juga sudah mendeteksi lima kasus probable Omicron. Jadi belum pasti (terinfensi Varian Omicron)," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers daring, Kamis (16/12/2021).

Budi merinci, dari lima kasus probable Varian Omicron itu dua diantaranya terdeteksi pada warga negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Amerika Serikat dan Inggris.

Sedangkan tiga lainnya merupakan warga negara asing (WNA) dari Tiongkok yang datang ke Indonesia melalui Manado.

Menurut Budi, lima orang teresebut kini tengah menjalani karantina di Wisma Atlet dan tempat isolasi terpusat di Manado.

"Dua kasus WNI yang baru kembali Amerika Serikat dan Inggris. Kedua WNI ini sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet. Tiga kasus probable lainnya adalah Warga Negara Asing dari Tiongkok yang datang ke Manado, sekarang diisolasi dikarantina di Manado," kata Budi.

Lebih lanjut, Budi menegaskan bahwa lima orang ini masih merupakan kasus kemungkinan, artinya belum ada kepastian apakah benar terinfeksi Varian Omicron atau tidak. Diharapkan, kepastian bisa diberikan dalam tiga hari ke depan.

"Lima orang ini sifatnya masih probable karena baru dites PCR dengan marker khusus dan sampel PCR-nya yang positif dari lima sudah dikirimkan ke badan litbang kesehatan dan sedang kita run tes genome sequencing-nya. Diharapkan tiga hari ke depan kita sudah bisa mengonfirmasikan Omicron atau tidak," tegas Budi.

Rekomendasi