3 WN China Masuk Indonesia Jadi Kasus Probable Omicron

| 16 Dec 2021 11:34
3 WN China Masuk Indonesia Jadi Kasus Probable Omicron
Ilustrasi (Bussiness Standard)

ERA.id - Covid-19 Varian Omicron telah terdeteksi di Indonesia. Kementerian Kesehatan mendeteksi varian Omicron menjangkiti seorang petugas kebersihan di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

Selain itu, Kemenkes juga sudah mendeteksi lima kasus probable Omicron.

Menkes Budi Gunadi Sadikin merinci, dari lima kasus probable varian Omicron itu dua diantaranya terdeteksi pada warga negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Amerika Serikat dan Inggris.

Sedangkan tiga lainnya merupakan warga negara asing (WNA) dari China yang datang ke Indonesia melalui Manado.

Menurut Budi, lima orang teresebut kini tengah menjalani karantina di Wisma Atlet dan tempat isolasi terpusat di Manado.

"Dua kasus WNI yang baru kembali Amerika Serikat dan Inggris. Kedua WNI ini sekarang sedang diisolasi di Wisma Atlet. Tiga kasus probable lainnya adalah Warga Negara Asing dari Tiongkok yang datang ke Manado, sekarang diisolasi dikarantina di Manado," kata Budi dalam konferensi pers daring, Kamis (16/12/2021).

Lebih lanjut, Budi menegaskan bahwa lima orang ini masih merupakan kasus kemungkinan, artinya belum ada kepastian apakah benar terinfeksi Varian Omicron atau tidak. Diharapkan, kepastian bisa diberikan dalam tiga hari ke depan.

"Lima orang ini sifatnya masih probable karena baru dites PCR dengan marker khusus dan sampel PCR-nya yang positif dari lima sudah dikirimkan ke badan litbang kesehatan dan sedang kita run tes genome sequencing-nya. Diharapkan tiga hari ke depan kita sudah bisa mengonfirmasikan Omicron atau tidak," tegas Budi.

Rekomendasi